100 siswa SMK Muhammadiyah 2 Boja Ikuti Screening PTM

0
132 views
ANGKET. Pengisian angket sebelum melakukan pemeriksaan lebih lanjut dalam screening siswa SMK Muhammadiyah Boja (foto dok aris)

KENDALMU.COM | BOJA. Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di sekolah dilaksanakan melalui tiga program pokok yang biasa dikenal sebagai trias UKS meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Pelayanan kesehatan yang dimaksud meliputi Screening Kesehatan Anak Sekolah atau dikenal sebagai penjaringan kesehatan, pemantauan kesehatan serta penyuluhan kesehatan.

Hal itulah yang dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 2 Boja menggandeng Puskesmas Boja untuk melakukan screening kepada siswa-siswi SMK setempat. Kegiatan berlangsung pada Senin (30/11).

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Boja, Nur Khirin, mengatakan, kegiatan screening sebagai kegiatan rutin yang dilakukan setahun sekali.

Screening merupakan tindakan awal yang dilakukan petugas kesehatan dari Puskesmas kepada siswa untuk menentukan langkah selanjutnya” katanya.

“Terdapat sekitar 100 siswa yang kita ikutkan dalam screening tersebut agar kita ketahui diantara mereka, apakah merokok, atau terkena Penyakit Tindak Menular (PTM), seperti kolestrol, diabetes, asam urat, dan sebagainya. Adapun saat ini focus pada pengecekan gula darah” jelas Khirin

SAMPLE DARAH. Pengambilan sample darah oleh petugas kepada siswa SMK Muhammadiyah 2 Boja dalam screening kesehatan (foto dok yati)

Kegiatan screening diawali dengan seluruh peserta mengisi angket, beberapa pertanyaan yang sudah disiapkan, dilanjutkan dengan mengambil sample darah dari setiap siswa untuk mengetahui kadar gula darahnya.

Beliau menjelaskan, pengisian kuesioner oleh siswa didik digunakan untuk mengetahui riwayat kesehatan secara umum, informasi kesehatan keluarga, riwayat imunisasi, gaya hidup, kesehatan intelegensia, kesehatan mental remaja, kesehatan reproduksi dan bahan edukasi kelas konseling.

“Riwayat kesehatan secara umum diperiksa melalui pengisian delapan pertanyaan meliputi masalah kesehatan secara umum, alergi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap obat tertentu, obat obatan yang sedang dimunim saat ini, riwayat dirawat di rumah sakit, riwayat cedera serius akibat kecelakaan, riwayat pingsan/tidak sadarkan diri dalam satu tahun terakhir dan riwayat penyakit tertentu yang pernah dialami.

BACA JUGA :  PC IPM Kangkung Periode 2021-2023 Dikukuhkan

Riwayat penyakit tertentu yang dimaksud adalah anemia/kurang darah, asma, batuk lama dan berulang, campak, diabetes mellitus, hepatitis, penyakit jantung, kejang, TBC paru, sakit perut berulang dan sakit kepala berulang” bebernya.

“Mereka kita suruh mengisi angket, tentunya mengisi jawaban dengan jujur” imbuhnya.

Sedangkan Koordinator tenaga kesehatan Puskesman Boja, Vera Widyasari, menghimbau untuk menjaga pola makan yang sehat.

“Siswa kami himbau untuk mengurangi makanan dan minuman manis. Jika kadar gula darah lebih dari normal maka akan meningkatkan resiko penyakit lain. Sudah terbukti, gula adalah ibu dari berbagai penyakit. Oleh karena itu penting dilakukan screening. Alhamdullilah semua anak kooepratif dan dilakukan sesuai protokol kesehatan” pungkas Vera (aris dan yati)