12 PCM di Kendal Berpeluang Dirikan Fasilitas Kesehatan

0
88 views
KOORDINASI. Ketua MPKU PDM Kendal (paling kanan) memberi penjelasan tentang FKTP kepada ketua PCM se Kab. Kendal melalui Rakor. (foto dok fur)

KENDALMU.COM | KENDAL. Sebanyak 12 Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM( di Kab. Kendal mendapat kesempatan untuk mendirikan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Bidang Kesehatan, yaitu Klinik Pratama, sebuah klinik yang menyelenggarakan pelayanan medik dasar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PD Muhammadiyah Kendal, Taufik Husein ketika menyampaikan penjelasannya kepada jajaran Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se Kab. Kendal pada Jum’at siang (1/10).

Upik, begitu panggilan keseharian Taufik Husein mengatakan, hasil pembahasan mapping yang dilakukan oleh Kepala Dinkes Kendal bersama Kepala BPJS Cabang Ungaran dan Ketua IDI Kab. Kendal akan ada penambahan klinik pratama dan Muhammadiyah harus memanfaatkan peluang itu.

“Pemerintah sedang memberi peluang , maka kalau tidak disawut oleh Muhammadiyah kebangeten dan akan dimanfaatkan oleh yang lain” ujar Upik.

Dijelaskan, di Jawa Tengah ada penambahan 1000 FKTP dan di Kab. Kendal berdasarkan mapping akan bertambah 12 FKTP.

Menurut dia ke 12 FKTP tersebut aka nada di Kecamatan Cepiring, Gemuh, Limbangan, Ngampel, Pageruyung, Plantungan, Ringinarum, Singorojo, Sukorejo, Weleri dan Brangsong.

Taufik meminta kepada PCM yang berpeluang mendirikan FKTP atau klinik pratama untuk segera mempersiapkan diri.

“Sekarang ke 12 PCM itu sudah berbicara secara teknis pembangunan FKTP, jangan berwacana” pintanya.

Di bidang kesehatan, katanya, Muhammadiyah diakui oleh pemerintah sebagai ormas yang paling konsisten menangani kesehatan sehingga peran dan kiprahnya tidak diragukan.

“Dalam menangani vaksin, Korp Polri mislanya tidak mengajak Ormas lain, kecuali Muhammadiyah, maka tidak heran kalau Muhammadiyah di bidang kesehatan yang paling siap” ungkapnya.

Taufik berharap program penambahan FKTP benar-benar dilaksanakan oleh cabang dan MPKU siap membantu.

BACA JUGA :  Upgrading Jurnalis Kendalmu.com Putaran Ke 2, Pesertanya Membludak

“Tentang FKTP kami MPKU meminta cabang menyiapkan gedung yang layak. Kalau sudah ada gedungnya tetap ada potongan gambarnya, dan kami siap membantu membuat gambar, termasuk perijinan dan SDMnya” tutupnya (fur)