Home Dinamika Aksi Spontan Ibu-Ibu PRA Sambongsari, Hadapi Covid-19 Dengan Mendirikan Warung Shadaqah Lauk...

Aksi Spontan Ibu-Ibu PRA Sambongsari, Hadapi Covid-19 Dengan Mendirikan Warung Shadaqah Lauk Pauk

0
1 views
SENYUM. Seorang ibu tersenyum gembira, karena mendapat shadaqah berkah lauk pauk yang disediakan oleh PRA Sambongsari, Weleri (foto dok lutfi)

KENDALMU.COM | WELERI. Aksi spontan yang dilakukan jajaran Ibu-ibu Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Sambongsari (PRA), Cabang Weleri, mampu menarik perhatian para ibu rumah tangga yang lewat di depan Musholla Sabilussalam (RT 3/RW 5) desa Sambongsari. Mereka tidak hanya mampir, tetapi dipersilahkan untuk mengambil secukupnya lauk-pauk, dan gratis yang dikemas dalam kantong plastik. Lauk pauk itu ada di rak gantungan baju dengan berbagai jenis, seperti sayuran, tempe, tahu, telor, dan krupuk mentah.

Ketua PRA Sambongsari, Hj. Marfu’ah, mengatakan, kegiatan shadaqah lauk-pauk sifatnya spontan, dan tidak terencana sebelumnya.

“Sore itu kami dapat postingan di group dari Yogyakarta, bershodaqah lauk-pauk di musim pandemi Covid-19” kata Marfu’ah ketika dihubungi kendalmu.com pada Rabu (13/4).

Beliau menjelaskan, postingan itu cukup menarik, dan perlu diduplikasi di ranting-ranting ‘Aisyiyah.

“Selain menarik, biaya relatif rendah, dan kami yakin masyarakat sangat membutuhkan lauk-pauk di bulan Ramadhan yang kondisinya masih terpandemi corona” ujarnya.

Ditambahkan, shadaqah lauk-pauk untuk masyarakat bersifat pribadi para pimpinan Aisyiyah.

“Shodaqah itu sifatnya pribadi dari para pimpinan dan anggota PRA Sambongsari, dan tidak mengambil dana organisasi”

“Karena ini sifatnya spontan, maka pagi itu menyiapkan sekitar 20 sampai 25 lauk pauk yang kami kemas dalam kantong plastik, dan Alhamdulillah dalam kurun waktu 2 jam, lauk-pauk itu sudah habis”

Marfu’ah berharap para ibu rumah tangga merasa terbantu dengan warung shadaqah lauk pauk gratis di saat dalam kondisi Covid-19, dan ke depan shadaqah gratis perlu dipersiapkan agar lebih baik.

Sedangkan ketua Pimpinan Cabang Nasyiatul ‘Aisyiah (PCNA) Weleri, Erna Sulistyorini, mengapresiasi kegiatan shadaqah lauk pauk yang dilakukan oleh PRA Sambongsari.

“Shadaqah lauk pauk termasuk kreatif, karena selain biaya cukup murah, lauk pauk selalu dibutuhkan oleh ibu-ibu rumah tangga, apalagi di musim pandemi corona bersamaan bulan Ramadhan” kata Erna.

BACA JUGA :  Raker MPKU PDM Kendal, Bedah Konsep Holding Company AUMKES

Beliau berharap shadaqah lauk pauk bisa dikembangan oleh Aisyiyah maupun NA dengan tata kelola yang lebih baik.

“Kepedulian kita terhadap dhuafa’ terdampak Covid-19 tidak harus dengan mengeluarkan biaya yang besar, tetapi sejauh mana kita bisa kreatif, biaya cukup dan memberi manfaat kepada masyarakat, seperti lauk pauk yang tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan rumah tangga” tutup Erna (fur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here