Amalia Alda Safitri, Siswa SMA Muhpat, Satu-satunya Wakil dari Kendal Lolos KSN Kimia Tingkat Provinsi

0
71 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Amalia Alda Safitri (15), siswi kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kendal lolos dan siap mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2021. Dalam lomba bergengsi tersebut, Alda, begitu panggilan akrabnya adalah satu-satunya perwakilan dari Kab. Kendal di bidang Kimia.

Anak pertama dari pasangan Ali Syodikin dan Faridah itu, mengaku mengikuti kompetisi antar siswa di dunia pendidikan adalah yang pertama kalinya. Namun ketekunan dalam berlatih dan mengikuti event –event di luar sekolah pernah diikutinya.

“KSN ini yang pertama kali saya ikuti atas nama SMA Muhpat Kendal” kata Alda saat dihubungi kendalmu.com lewat handphone Jum’at (17/9)

Selama persiapan untuk mengikuti KSN, lanjutnya mendapat bimbingan dan pendampingan secara intensif dari dosen Sains dan Matematika Undip, Prof. Dr. M. Cholid Djunaedi, S.Si., M.Si.

“Kami mendapat bimbingan dari Prof. Cholid lebih dari cukup, ditambah belajar dan berlatih mandiri” imbuhnya.

Alda berharap KSN tingkat provinsi yang sudah diikuti secara virtual sehari kemarin Kamis (16/9) itu mendapat hasil yang terbaik.

“Dalam kompetisi tersebut, saya sudah menjawab soal-soal sesuai dengan kemampuan saya. Tentang hasil, tentu kami berdo’a semoga Allah memberikan yang terbaik bagi kami” harapnya.

VIRTUAL. Amalia Alda Safitri sedang mengikuti KSN tingkat Provinsi Jawa Tengah secara virtual. (fotodok narmi)

Sementara itu Kepala SMA Muhpat Kendal, Sunarmi mengatakan ajang KSN diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“KSN diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains” kata Sunarmi.

“Dan Alhamdulillah tahun 2021 ini SMA Muhpat Kendal lolos dan mengikuti KSN di tingkat Provinsi” ujarnya.

Dalam kompetisi tingkat provinsi tersebut, kata Narmi bidang Kimia diikuti oleh 120 siswa perwakilan dari Kabupaten/Kota.

BACA JUGA :  Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup PDM Kendal Dapat Penghargaan Kalpataru

“Dan Ananda Amalia Alda Safitri adalah satu-satunya perwakilan dari Kab. Kendal Bidang Kimia” imbuhnya.

Dia berharap KSN 2021 bagi Alda dan sekolahan sebagai pengalaman yang berharga, karena event tersebut memberi manfaat yang banyak.

“Semoga Allah memberi yang terbaik hasil dari KSN untuk Alda dan SMA Muhpat Kendal” pungkasnya . (fur)