Antisipasi Bencana Banjir, PDPM Kendal Melalui Kokam Terima Bantuan Perahu Karet

0
34 views
SIMBOLIS. Penyerahan perahu karet dari PP Pemuda Muhammadiyah secara simbolis kepada PWPM Jateng diteruskan dan diterima oleh Wakil Ketua Bidang Kokam PDPM Kendal, Budiyono. (foto dok diyon)

KENDALMU.COM | KLATEN. Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kendal melalui Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) menerima bantuan perahu karet  dan 1 buah pompa dari PP Pemuda Muhammadiyah. Penyerahan berlangsung pada Ahad (13/6) di Kantor PDM Klaten oleh Komandan Badan Pelaksana Operasional (BPO) Kokam PWPM Jateng, Andika Budi Riswanto kepada Wakil Ketua Bidang SAR dan Kokam PDPM Kendal, Budiyono.

Komandan BPO Kokam PWPM Jateng, Andika Budi Riswanto mengatakan perahu karet bantuan dari PP Pemuda Muhamamdiyah sebagai salah satu bentuk respon terhadap bencana banjir agar relawan bisa melaksanakan tugas kemanusiaan dengan sigap dan cepat.

“Jawa Tengah itu supermarket bencana, termasuk banjir yang sering melanda di daerah Pantura” kata Andika.

Dia menjelaskan, melalui bantuan perahu karet jajaran Kokam sebagai komponen cadangan dalam penanganan bencana banjir dapat melaksanakan tugas-tugas kebencanaan dengan baik dan lancar.

Sedangkan Wakil Ketua Bidang SAR dan KOKAM PDPM Kendal, Budiyono menyampaikan rasa terima kasih kepada PP Pemuda Muhammadiyah atas bantuan perahu karet dan pompa.

“Kami akan memanfaatkan bantuan perahu karet ini dengan sebaik mungkin sebagai perangkat dakwah kemanusiaan di bidang kebencanaan” kata Diyon.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada PWPM Jateng yang telah melengkapi bantuan yaitu beberapa pelampung” imbuhnya.

Melalui perahu karet dan pelampung, kata Diyon rasa semangat berdakwah jajaran Kokam dan Pemuda Muhammadiyah lebih meningkat.

Diyon menjelaskan, dalam pelaksanaan tugas-tugas kebencanaan Kokam bekerja sama dan terpadu dengan komponen relawan Muhammadiyah seperti LPB melalui MDMC dan AMM yang membidangi kebencanaan.

“Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan respon bencana jangan terkesan sendiri-sendiri, tetapi terpadu dalam masa tanggap darurat bencana di berbagai daerah, sebagai wujud One Muhammadiyah One Response” tegasnya.

BACA JUGA :  Milad ke 112 Muhammadiyah, PDM Kendal Gelar Khatmil Qur’an di Setiap Cabang

Penerimaan bantuan dilanjutkan dengan pendatanganan serah terima oleh kedua belah pihak yang disaksikan oleh Kepala Unit Fungsional (KUF) Provost dan Pengamanan, M. Halim Kusuma, dan KUF Logistik PWPM Jateng,  Basuki. Acara penyerahan bantuan perahu karet diakhiri dengan ramah tamah. (dyah)