Antisipasi Kelangkaan Gula Di Bulan Ramadhan, Mendag RI Kunjungi IGN Cepiring dan Pasar Kaliwungu

0
0 views
Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Agus Suparmanto saat berada di Pasar Kaliwungu.

KENDALMU.COM | KENDAL. Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia, Agus Suparmanto, melakukan kunjungan ke pabrik PT Industri Gula Nasional (IGN) Cepiring, Kendal pada Selasa (7/4).

Kunjungan Mendag dimaksudkan untuk mengantisipasi kelangkaan gula pasir dan dinilai harganya melambung tinggi.

“Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah mengisi kekosongan stok dengan membuka importasi bahan baku berupa guna mentah yang akan diproduksi menjadi gula konsumsi di luar musim giling” kata Agus Suparmanto, sebagaimana dikutip dari laman kicaunews.com.

Beliau menjelaskan, tidak semua Pabrik Gula yang ada dapat memproses Gula Mentah. Salah satu Pabrik yang mampu mengolah Tebu sekaligus Gula mentah menjadi konsumsi adalah Pabrik Gula Tjepiring di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pabrik Gula yang berdiri pada tahun 1835 saat ini dikelola oleh PT. Industri Gula Nusantara (IGN). Pabrik IGN telah direvitalisasi sehingga mampu mengolah Gula Mentah menjadi Gula Konsumsi.

Pabrik IGN mendapatkan alokasi izin impor Gula Mentah untuk mendukung Pemerintah dalam melakukan stabilisasi harga Gula Pasir.

Kunjungan Menteri Perdagangan didampingi oleh Bupati Kendal, Mirna Annisa, Sekda Kendal, Moh Toha, S.T., M.Si, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kendal. Kunjungan diterima langsung oleh Direktur HRD dan Umum PT IGD, M. Burhan Murtaki.

“Kami berterima kasih dapat dipercaya untuk mendukung program Pemerintah dengan diberikannya izin impor Gula Mentah. Kami dapat mengoptimalkan operasional Pabrik tetap dapat berjalan walaupun di luar musim giling, tentunya hal ini juga membantu meningkatkan kondisi perekonomian daerah, mengingat pabrik IGN pernah stop operasional selama lebih dari 3 tahun karena kesulitan bahan baku. Kami akan lakukan yang terbaik” kata Burhan.

Pabrik IGN mampu mengolah sekitar 800 ton Gula Mentah perhari ketika di luar musim giling, diharapkan dapat segera membantu Pemerintah untuk mengatasi kekurangan Gula Konsumsi di Pulau Jawa dan berbagai daerah.

BACA JUGA :  Siapkan Relawan Profesional, LPB Kendal Kirim 2 Orang Ikuti Diklat DU dan Logistik

Sebelum menuju IGN, Mendag melakukan kunjungan ke Pasar Kaliwungu dalam rangka untuk memastikan pasokan Bahan Pokok (bapok) di Jawa Tengah.

“Harga bapok di Pasar Kaliwungu masih terkendali dan pasokan aman serta tidak ada kekhawatiran lonjakan harga. Saya harapkan kondisi ini dapat terus berlanjut, baik di kota Kendal, maupun di kota lain di seluruh Indonesia,” ujar Mendag.

Mendag menjelaskan, dari hasil pemantauan di pasar rakyat, secara umum pasokan dan harga bapok relatif stabil mulai dari beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur, bawang merah, dan bawang putih.

Mendag juga mengapresiasi sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pelaku usaha yang terus menjaga pasokan dan harga bapok tetap stabil sehingga masyarakat bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau. Melalui pemantauan pasar yang rutin dilaksanakan Kemendag, diharapkan harga bapok akan terus terkendali khususnya di daerah-daerah di Indonesia.

“Harga bapok di sini cukup stabil, masyarakat diharapkan tidak melakukan panic buying karena stok dan kebutuhan tercukupi,” tandas Mendag.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here