Beranda Dinamika Beri Pelatihan Pembuatan Video Reportase, MPI PDM Kendal Hadirkan Wartawan TVMu

Beri Pelatihan Pembuatan Video Reportase, MPI PDM Kendal Hadirkan Wartawan TVMu

0
64 views

KENDALMU.COM | WELERI. Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPI PDM) Kendal menghadirkan wartawan Televisi Muhammadiyah (TVMu), Isna Tarwiyati. Kehadiran beliau pada Ahad (13/12) di SMK Muhamamdiyah 3 Weleri dalam rangka memberi pelatihan membuat video reportase kepada para jurnalis kendalmu.com

Isna Tarwiyati mengatakan, bagi seorang jurnalis televisi harus mampu mengoperasikan kamera sebagai alat utama dalam pengambilan gambar.

“Bekal dasar seorang jurnalis televisi adalah kemampuan mengambil gambar dan menguasai tata cara mengoperasionalkan sebuah kamera” kata Isna.

Dikatakan, dalam pengambilan gambar oleh kameraman dalam sesi wawancara dituntut memahami standar audio visual.

“Medium close up merupakan teknik pengambilan gambar dengan ruang pengambilan di antara medium shoot dan close up” ujarnya.

“Teknik ini dimulai dari bagian dada ke atas sampai kepala, yang mampu menangkap ekspresi wajah lebih jelas”

Dalam hal wawancara, kameraman harus memperhatikan background yang sesuai dengan materi.

“Adapun teknik wawancara berpedoman pada kaidah jurnailistik, yaitu 5w 1h” lanjutnya.

Hal-hal yang harus diperhatikan oleh kameraman, yaitu standar audio visual, master shot atau visual berita, dan teknik menggerakkan kamera.

Setelah peserta mengambil gambar pada obyek yang ditentukan, dilanjutkan dengan melakukan editing di ruang lab SMK Muhammadiyah 3 Kendal sampai video bisa siap ditayangkan.

Sekretaris MPI PDM Kendal, Abdul Ghofur menyampaikan, pelatihan pembuatan video reportase sebagai upaya melengkapi naskah berita yang selama ini tayang di website kendalmu.com.

“Selama ini portal berita kendalmu.com masih sebatas menampilkan naskah berita” kata Ghofur.

Dalam perkembangan selanjutnya, menurut beliau, dalam website kendalmu.com perlu ada video pendukung yang selaras dengan naskah berita tersebut.

“Model penampilan video agar kendalmu.com lebih diminati” ujarnya.

Pelatihan yang berlangsung sehari penuh diikuti oleh para guru SMK Muhammadiyah yang ada di Kab. Kendal, dengan jumlah peserta 24 peserta, masing-masing utusan terdiri dari tiga orang yang bertugas sebagai kameraman, reporter, dan asisten. (putri)

BACA JUGA :  Prof Suparman Ajak Wujudkan Mimpi Berdirinya Universitas Muhammadiyah Kendal