Berkah Puasa Senin dan Kamis, Rifki Hasan Juara Tahfidz Juz ke 30 Lomba MAPSI

0
173 views
PRESTASI. Rifki Hasan juara 1 Mapsi Kab. Kendal cabang tahfidz Al quran juzz ke 30 (foto dok dwi)

KENDALMU.COM | WELERI. Rifki Hasan (14) siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Weleri sebagai juara 1 dalam lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) tingkat SMP cabang tahfidz Al qur’an juz ke 30 tingkat Kabupaten Kendal yang dilaksanakan 26 – 27/9  dan berhak melaju ke tingkat Provinsi.

Anak ketiga dari dua saudara hasil pernihakan Sarmani dan Siti Khasanah itu patut bersyukur atas prestasi yang diraihnya karena merasa tidak sia-sia dengan usaha dan ikhtiar yang telah dilakukannya.

Selama pesiapan menghadapi lomba Rifki mendapat bimbingan dari ustadz Muslih dan ustadz Arif Robani.

“Persiapan untuk menghadapi lomba tahfidz sesuai saran dari pembimbing tentu saya harus mengulang-ulang menghafal surat persurat yang ada di juz 30” kata Rifki ketika dihubungi kendalmu.com melalui sambungan telefon pada Selasa (4/10).

Rifki mengaku sebelumnya sudah punya modal hafal sebanyak 37 surat yang ada di al qur’an juz ke 30, namun tetap harus mengulang-ulangnya.

“Saya harus mengulang-ulang, terutama mempertajam di bidang tajwid, makhraj dan tentu harus lancar” ujarnya.

Tentang kebiasaan puasa setiap hari Senin dan Kamis diakui oleh Rifki Hasan sebagai ibadah puasa sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah.

“Puasa Senin Kamis sudah menjadi kebiasaan keluarga kami, dan mungkin ini salah satu keberkahannya sehingga saya menjadi juara tahfidz Al qur’an juz ke 30” ungkapnya.

Rifki berharap juara yang diraihnya di tingkat Kabupaten memberi motivasi untuk lebih rajin dalam mempersiapkan lomba di tingkat Propinsi.

“Tentu juga do’a dari Bapak, Ibu guru, teman-teman serta keluarga sangat kami harapkan, semoga di MAPSI tingkat Propinsi Allah memberi yang terbaik untuk saya” pintanya.

Sementara itu pembimbing lomba MAPSI SMP Muhammadiyah 1 Weleri, Muslih menyampaikan

BACA JUGA :  Prof Suparman Ungkap Perjuangan, Pengorbanan dan Perkembangan Muhammadiyah Saat Resepsi Milad ke 107 di Rowosari

Mapsi sebagai ajang lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami yang diselenggarakan oleh Dinas Pendikan dan Kebudayaan dalamnya mencakup berbagai macam mata lomba.

“Lomba tersebut sebagai salah satu sarana untuk mengukur keberhasilan pendidikan beragama di Sekolah Dasar sampai SLTA karena terdapat berbagai macam lomba yang berisikan materi-materi pendidikan agama khususnya agama Islam” jelas Muslih.

Dia merasa bersyukur tahun ini siswa yang dibimbingnya atas nama Rifki Hasan juara 1 cabang tahfidz juz ke 30.

“Rifki anaknya rajin dan punya modal membaca Al qur’an lancar sehingga kami tidak kesulitan dalam membimbing” ujarnya.

Kelebihan Rifki, lanjut Muslih, setoran hafalannya melebihi teman-temannya dan kami nilai fasih dalam menghafal.

Sedangkan Kepala SMP Muhamamdiyah 1 Weleri, Dwi Puji Rahayu merasa bangga atas prestasi Rifki Hasan yang membawa nama baik sekolahan sebagai juara 1 lomba Mapsi tingkat SMP cabang tahfidz Al-qur’an juz ke 30.

“Ananda Rifki Hasan melalui lomba MAPSI telah membawa nama harum SMP Muhammadiyah 1 Weleri’ ujar Dwi.

Dia berharap, prestasi yang telah diraih tidak menjadi tinggi hati, tetapi sebagai motivasi untuk lomba ke depan. (fur)