Home Dinamika BPS Gandeng RSI Muhammadiyah Gelar Rapid Test, Pastikan Kondisi Petugas Sensus Sehat

BPS Gandeng RSI Muhammadiyah Gelar Rapid Test, Pastikan Kondisi Petugas Sensus Sehat

0
8 views
PERIKSA KESEHATAN. Salah satu calon petugas sensus BPS Kab. Kendal diperiksa kesehatannnya dan rapid test (foto dok kholid)

KENDALMU.COM | KOTA KENDAL. Gelar pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020 yang akan dimulai bulan September mendatang pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Kendal bekerja sama dengan pihak RSI Muhammadiyah pada Rabu (26/8) menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan rapid test bagi 918 pegawai dan petugas sensus BPS Kab. Kendal. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari (26-28/8) dipusatkan di gedung pusat dakwah Muhammadiyah Kendal.

Kepala BPS Kendal, Umi Hastuti, mengatakan, petugas sebanyak itu nantinya akan bertugas di Kab. Kendal, dan Rapid test dilakukan sebagai bentuk seleksi petugas sensus di tengah pandemi Covid-19 sehingga petugas dalam kondisi sehat dan masyarakat merasa aman.

“Dalam melaksanakan sensus penduduk, setiap petugas tentunya sehat yang akan dilengkapi dengan perangkat protokol kesehatan, seperti masker, sarung tangan, hand sanitizer, dan surat tugas” ungkap Umi.

TES SUHU. Pelaksanaan protokol kesehatan dengan tes suhu kepada petugas sensus BPS Kab.Kendal (foto dok gofur)

Dijelaskannya, petugas sensus akan melaksanakan tugasnya selama 15 hari, mulai 1 September mendatang.

Direktur RSI Muhammadiyah Kendal, dr Suhadi, SpAn, mengatakan, pihaknya telah menerjunkan sebanyak 20 lebih tenaga medis selama tiga hari.

“Hasil rapid test secepatnya akan disampaikan kembali ke BPS Kendal  untuk diteruskan ke satugan tugas penanganan Covid-19” ujar Suhadi

“Sehingga dapat segera ditindaklanjuti apabila ditemukan tes dengan hasil reaktif,” katanya. Dalam pelaksanaan test kesehatan diterapkan protokol kesehatan, cuci tangan, suhu badan, jaga jarak, dan Alat Pelindung Diri (APD).

Sedangkan anggota Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal, H. Budiyanto, mengingatkan kepada jajaran RSI Muhammadiyah Kendal, bahwa kegiatan ini tidak berorientasi profit.

“Kegiatan ini bagi Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Kesehatan sebagai panggilan masyarakat, dan negara yang harus siap untuk dipenuhi dalam rangka membantu dan kerjasama program sensus BPS” tegasnya.

BACA JUGA :  Warga Muhammadiyah Tidak Mengikuti Madzhab 'Maremiyah'

Beliau menjelaskan, saatnya seluruh AUM tampil, termasuk AUM Kesehatan ketika mendapat panggilan untuk membantu masyarakat dan pemerintah. (fur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here