Bupati Kendal Minta Kepada IPM Untuk Menciptakan Generasi Handal Yang Berbudi Luhur

0
0 views
PIMPINAN BARU. PD IPM Kendal baru periode 2019-2021 usai dilantuk oleh PW IPM Jawa Tengah di aula Abdi Praja komplek Setda Kab. Kendal (foto dok. uday)

KENDALMU.COM | KOTA KENDAL. Kepercayaan yang diberikan kepada Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kab. Kendal periode 2019-2021 diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik sebagai bentuk tanggungjawab untuk kepentingan pelajar khususnya dan masyarakat pada umumnya disertai dengan kesungguhan dalam menjalankan tugas sesuai visi dan missi IPM , yaitu menciptakan pelajar-pelajar sebagai kader-kader yang berbudi luhur.

Demikian kata sambutan Bupati Kendal, Mirna Annisa yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Setda Kendal, H. Tatang Iskandariyanto dalam acara pelantikan PD IPM Kab.Kendal periode 2019-2020 pada Ahad (30/1) di aula Abdi Praja Komplk Setda Kendal.

Pelajar Muhammadiyah yang berbudi luhur menurut Bupati adalah pelajar yang mampu menempatkan dirinya dan bersedia mengabdi di Muhammadiyah dengan baik.

“Pelajar Muhammadiyah mengabdi di persyarikatan dan menjadi amanah sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna persyarikatan yang dilaksanakan dengan niat tulus ikhlas” katanya.

Mirna meminta kepada IPM sebagai organisasi yang terstruktur supaya menunjukkan prestasi sebagai wujud dari visi dan missi.

“IPM sebagai organisasi yang terstruktur dari tingkat desa sampai pusat mestinya mampu berprestasi dan bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga terwujud pendidikan yang berkualitas dalam rangka pembangunan Daerah. Sinergitas IPM dengan pemerintah utamanya adalah pendidikan berkarakter” bebernya.

Sementara itu Ketua Umum PW IPM Jawa Tengah, Nurul Huda menyampaikan, bahwa Ketua Umum IPM dari unsur perempuan bukanlah sesuatu hal yang baru dan tidak menyalahi ketentuan.

“Di Jawa Tengah, selain Kendal terdapat ketua umum PD IPM dari perempuan, yaitu Wonogiri dan  Sragen” kata Nuha. ”Itu artinya, urusan gender sudah selesai” sambungnya.

IPM menurutnya sudah memiliki kematangan dalam berkiprah di tengah-tengah pelajar yang melahirkan kader-kader yang matang.

BACA JUGA :  Ketua PWM Jateng Lantik Direktur Baru RSI Muhammadiyah Kendal

“Di usianya yang ke 58 tahun IPM terus menerus menciptakan kader yang handal dalam rangka melanjutkan dakwah ayahnda, Muhammadiyah dan ibunda, ‘Aisyiyah, maka di IPM inilah kita dididik dan dilatih sebelum menjadi pemimpin Muhammadiyah masa depan”.

Sedangkan wakil sekretaris PDM Kendal, H. Moh Antono berharap salah satu dari IPM untuk masa depan menjadi pimpinan di Muhammadiyah maupun di ranah kebangsaan.

“Kepemimpinan masa depan harus dipersiapkan mulai sekarang, antara ikhtiar vertikal dan horizontal. Berbuat terbaik, berkiprah untuk masyarakat dan berdo’a kepada Allah” kata Antono.

Kepada PD IPM beliau berharap sebagai sentral perubahan melalui semangat gerakan-gerakan inovasi sebagai respon perubahan zaman.

“Perbanyak literasi sebagai panduan dalam melakukan perubahan, termasuk merespon perkembangan IPM yang belum merata di setiap cabang atau Kecamatan” ujarnya.

Prosesi pelantikan PD IPM Kendal periode 2019-202I diawali dengan pembacaan Surat Keputusan PW IPM Jawa Tengah. Sebagai ketua umum baru adalah Keniya Adikaputri menggantikan Muhammad Nuzulul Farqi yang telah habis masa jabatannya.

Keniya menyampaikan, bahwa pelajar yang berbudi luhur yaitu yang memiliki prilaku terpuji sehingga bisa menjadi teladan bagi pelajar lainnya.

“Pelajar berbudi luhur memiliki kecerdasan akal, spiritual, dan kecerdasan emosional” katanya.

Ketiga kecerdasan tersebut, menurut Keniya ada pada diri setiap manusia dan bisa dikembangkan pada setiap anggota IPM.

“Dampak dari kecerdasan pada setiap anggota IPM tersebut adalah akan mempengaruhi pelajar yang lain sehingga mampu diajak untuk bergabung di IPM”

Terkait dengan perkembangan IPM di Kendal, Keniya mengaku belum merata di setiap cabang atau Kecamatan.

“Sampai saat ini IPM belum merata di setiap Cabang. Bimbingan dan arahan dari ayahanda Muhammadiyah dan ibunda ‘Aisyiyah sangat kami harapkan untuk menambah jumlah cabang” tutupnya (fur)

BACA JUGA :  Tunjukkan Bakat Dan Minat, SD Muhas Gelar Games And Arts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here