Beranda Dinamika Bupati Kendal Permudah Pengurusan IMB AUM

Bupati Kendal Permudah Pengurusan IMB AUM

0
41 views
Sillaturrahmi. Suasana sillaturrahmi jajaran PDM Kendal dengan Bupati yang berlangsung hangat dan kekeluargaan. (foto dok. fur)

KENDALMU.COM | KENDAL. Bupati Kendal, Dico M Ganinduto akan memberi kemudahan kepada Muhammadiyah Kendal dalam mengurusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Kab. Kendal.

Hal tersebut disampaikan oleh Dico sebagai bentuk respon setelah mendengarkan apa yang disampaikan oleh Wakil Ketua PDM Kendal, Djamzuri dalam sillaturrahmi jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal Kamis siang (7/4) di ruang Kerja Bupati.

Djamzuri mengatakan, seluruh Amal Usaha Muhammadiyah di Kab. Kendal dituntut harus ber-IMB sebagai salah satu wujud tertib organisasi.

“Namun dalam prosesnya agar dipermudah dari sisi persyaratan, dan pembiayaan sampai dengan terbitnya IMB” kata Djamzuri.

Sebelumnya Bupati menyampaikan, tempat-tempat ibadah yang ada di Kab. Kendal jumlahnya ribuan, tetapi yang sudah ber-IMB baru sekitar 10%, maka pihak pemerintah ingin melakukan percepatan pengurusan IMB terkait dengan tempat ibadah.

“Dengan tempat ibadah yang ber-IMB masyarakat bisa tenang dan merasakan kenyamanan dalam menjalankan peribadatan” kata Dico.

Dalam mengurus IMB, lanjut Dico, pihaknya telah memerintahkan kepada UPTD-UPTD terkait agar masyarakat diberi kemudahan.

“Saya sampaikan kepada mereka untuk menjadikan program ini sebagai amal ibadah kita bersama” ujarnya.

Bupati juga meminta agar Muhammadiyah dalam mengajukan IMB mengkomunikasikan kepada pihak-pihat terkait dan dalam prosesnya akan diberi kemudahan.

“Pada prinsipnya Pemda memfasilitasi dan mempermudah apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, termasuk Muhammadiyah kita support” ujarnya lagi.

KENANG-KENANGAN. Pimpinan rombongan sillaturrahmi jajaran PDM Kendal, Ikhsan Intizam memberikan kenang-kenangan tiga buah buku kepada Bupati Kendal, Dico M Gananduto usai sillaturrahmi (foto dok fur)

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Kendal, Anang Widiasmoro yang turut hadir menyampaikan, selama ini semua ormas, termasuk Muhammadiyah dan NU dengan segala kepentingan IMB difasilitasi sepenuhnya.

“RSI Weleri yang dulunya terkendala sekarang sudah selesai, juga di desa Salamsari, Boja terkait kendala tata ruang kami akomodir” kata Anang menyebut dua AUM yang telah diselesaikan.

BACA JUGA :  Ketua FKUB Kab. Kendal Tidak Ingin Agama Ditarik-tarik Dalam Kepentingan Politik

Dia mengatakan persyaratan IMB dinilai sudah jelas dan segera diajukan untuk dianalisa dan permasalahannya ada di titik mana untuk dicarikan solusi bersama.

“Mengurus IMB tidak hanya di DPMPTSP tetapi ada keterkaitan dengan DPUPR dan ijin lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup” ujarnya.

Dijelaskannya, Muhammadiyah dalam pengajuan IMB bisa untuk seluruh AUM atau bangunan perbangunan. Adapun untuk pembiayaan di DPMPTSP gratis.

“Namun tentang gambar teknis ada dipihak ke tiga dan retribusi sesuai dengan ketentuan” ungkap Anang.

Sedangkan Wakil Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam yang memimpin rombongan berharap sillaturrahmi bisa membawa keberkahan bagi pemerintah Kab. Kendal dan Muhammadiyah.

“Keberkahan yang Allah limpahkan kepada kita semoga membawa Kab. Kendal beribadat dan semakin maju” harapnya.

Sillaturrahmi Bupati dengan jajaran PDM Kendal ditutup dengan penyerahan tiga buah judul buku dari Ikhsan Intizam kepada Bupati Kendal. Adapun ke tiga buku tersebut, yakni Antologi Pendidikan Islam karya M. Fadholi, M.Si, Meraih Sukses Wirausaha dengan Manajemen Qolbu yang ditulis oleh Syaiful Hadi, M.Pd, dan buku Islam Gaul karya Ahmad Naffis Athoillah dan M Fadholi. (fur)