Ciptakan Ekonomi Mandiri, Lazismu Kendal Bantu Mesin Pembuat Bakso Kepada PAY Aisyiyah Ringinarum

0
39 views
MESIN PENCETAK BAKSO. Bersama usai menerima bantuan mesin pencetak bakso dari Lazismu Kendal kepada PAY Aisyiyah Ringinarum. (foto dok qom)

KENDALMU.COM | RINGINARUM. Lazismu Daerah Kendal menyerahkan bantuan sebuah mesin pencetak bakso kepada Panti Asuhan Yatim (PAY) Aisyiyah Ringinarum, Kendal. Bantuan diserahkan oleh Kepala Devisi Teritori Lazismu Daerah Kendal, Hari Sofyan Saputra kepada pengasuh PAY setempat, Wahyu Suciati pada Jumat(19/3) dan disaksikan oleh kepala desa Caruban, Diyah Tin Agustinah, jajaran PCM Ringinarum, pengasuh, dan pengurus PAY setempat.

Hari Sofyan Saputra mengatakan PAY Aisyiah sebagai Amal Usaha Muhammadiyah yang bergerak di bidang sosial dalam memenuhi kebutuhan hidup anak-anak asuh diperlukan kemandirian dalam keuangan selain bantuan dari pemerintah dan para donatur tetap.

“Pemberdayaan UMKM berbasis panti asuhan anak-anak yatim bagi kami sebagai salah satu prioritas program Lazismu untuk upaya menciptakan PAY yang mandiri” kata Hari ketika dihubungi kendalmu.com pada Sabtu malam (20/3)

Melalui mesin pembuat bakso, kata Hari pengurus dan pengasuh PAY bisa berinovasi dan kreatif dalam menciptakan beberapa varian bakso.

“Tentu tidak sebatas bakso, tetapi aneka variannya bisa diciptakan dalam rangka memenuhi selera masyarakat pecinta bakso” imbuhnya.

Keberadaan PAY bagi Lazismu, menut Hari menjadi prioritas selain kemandirian PAY sendiri, sebagai upaya mempersiapkan kader persyarikatan dan untuk membentuk para calon entrepreneur.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Ringinarum, Muhammad Sarwono mengatakan

bantuan alat pembuat bakso oleh Lazismu Daerah sebagai salah satu stimulan kepada PAY Aisyiyah Ringinarum.

“Tentunya mesin tersebut segera dimanfaatkan secara maksimal sesuai kapasitas mesin” kata Sarwono.

Dikatakannya, pengembangan usaha ekonomi produktif bagi Panti Asuhan Aisyiyah Ringinarum dinilai sangat penting dan sebagai upaya menjadikan PAY yang mandiri dalam membiayai kehidupan anak-anak asuhnya dan juga sebagai penggerak gairah ekonomi warga Muhammadiyah pada umumnya.

Sedangkan Ketua Pengurus PAY Aisyiyah Ringinaru, Qomariyah menyambut baik bantuan mesin pencetak bakso yang diberikan oleh Lazismu.

BACA JUGA :  Ketua Majelis Dikdasmen PCM Ringinarum; Guru Muhammadiyah Berperan Ganda, Apa Itu ?

“Membuat varian bakso bagi PAY Aisyiyah sifatnya pengembangan, karena selama ini kami sudah membuatnya” kata Qomariyah.

Aneka bakso yang diproduksi oleh PAY Aisyiyah, kata Qomariyah sudah berlangsung beberapa bulan.

“Kami memproduksi aneka jenis bakso, seperti bakso jodo ‘nyoba langsung cocok’, bakso ndower, dan cilok istimewa sambal kacang” ungkapnya.

Terkait pemasaran, pihaknya tidak hanya melayani di tingkat lokal, tetapi sudah ke luar propinsi seperti Malang, Jakarta, dan Riau, bahkan sampai ke luar negeri, yakni Mesir, Hongkong, dan Malaysia. (fur)