Delapan Mahasiswa STIT Muhammadiyah Kendal Selesaikan Tugas PPL Di Pondok Darul Arqam

0
146 views

KENDALMU.COM | PATEAN. Sebanyak 8 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Kendal semester lima dan tujuh telah selesai melaksanakan tugas Program Pengalaman Lapangan (PPL) di Pondok Modern Darul Arqam Muhammadiyah Patean.

Mereka telah melaksanakan tugas selama satu bulan penuh terhitung 9/11 -10/12.
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), H. Ikhsan Intizam, M.Ag, mengatakan, PPL bagi mahasiswa memberikan pengalaman dalam bidang pembelajaran di sekolah atau pondok.

“Mahasiswa berlatih untuk mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Di dalamnya ada latihan mengajar secara terbimbing, terpadu, maupun tugas-tugas keguruan dan kependisdikan dalam rangka memenuhi persyaratan profesi kependidikan” kata Ikhsan pada Kamis (10/12) di Pondok Modern Darul Arqam Muhammadiyah Patean didampingi Abdul Malik, M.Pd.

Menurut beliau, PPL merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanaan oleh mahasiswa STIT Muhammadiyah Kendal untuk mencapai gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam.

Dalam proses PPL ini, menurut Ikhsan, STIT Muhammadiyah Kendal bekerja sama diantaranya dengan Pondok Modern Darul Arqam Patean.

Karena ke delapan mahasiswa telah melaksanakan PPL, beliau berharap agar tetap belajar mengajar.

“Teruslah belajar agar kelak menjadi guru yang cakap, dan tentunya akan memberi banyak manfaat karena profesi guru adalah profesi yang mulia” pesannya.

Wakil Kepala Pondok Darul Arqam bidang kurikulum, Haris Safrudin, S.Pd, mengaku, sangat terbantu dengan adanya mahasiswa STIT Muhammadiyah yang melaksanakan PPL dengan baik.

“Kami sangat terbantu oleh mahasiswa STIT Muhammadiyah Kendal yang telah melaksanakan tugas PPL” kata Haris.

Menurutnya, dengan kegiatan PPL oleh mahasiswa STIT Muhamamdiyah Kendal, pihaknya merasa terbantu.

Yang dilakukan oleh PPL diantaranya mengikuti kegiatan pembelajaran maupun non pembelajaran seperti piket sekolah, mengikuti rapat guru dan berpartisipasi dalam kegiatan pondok.

BACA JUGA :  Patuhi Prokes, 29 Guru Muhammadiyah Ikuti Upgrading Jurnalistik

“Kegiatan ini membantu monitoring dan supervisi tenaga pendidik selama di pondok. Penilaian yang telah dilakukan tetap bersifat obyektif sesuai harapan dari pihak STIT Muhammadiyah Kendal” jelasnya. (imah)