Di Kendal Diperkirakan Lebih 12.000 Peserta Akan Ikuti Apel Milad

0
0 views
KOORDINASI. PCM Weleri bersama pimpinan AUM mengadakan Rapat Koordinasi persiapan gelar Apel Milad ke 107 Muhammadiyah (foto dok tarwidi)

KENDALMU.COM | KENDAL. Salah satu agenda acara Milad ke 107 Muhammadiyah sesuai dengan instruksi PP Muhammadiyah adalah menyelenggarakan Apel atau Upacara. Sedangkan gelaran apel milad tersebut secara serentak seluruh Indonesia akan dilaksanakan pada Senin 18 November 2019.

Pantauan kendalmu.com, khusus daerah Kendal terdapat beberapa titik yang akan dijadikan sebagai pusat penyelenggaraan apel milad dan diketahui sudah siap dengan didirikan dua tiang bendera untuk merah putih dan pengibaran bendera Muhammadiyah. Kecuali itu di sekitar tempat upacara juga akan dihias dengan dipasangnya umbul-umbul, bendera Muhammadiyah dan Ortomnya juga spanduk milad Muhammadiyah ke 107. Untuk kepesertaan yang akan terlibat dalam kegiatan apel milad diperkirakan mencapai lebih 12.000 orang.

“Jumlah peserta sebanyak itu tersebar di sembilan tempat” kata kepala kantor sekretariat PDM Kendal, Abdul Ghofur ketika ditemui kendalmu.com usai mengikuti rapat pleno PDM Kendal pada Jum’at (15/11).

Beliau mengatakan, ke sembilan tempat upacara tersebut ada di semua eks Kawedanan, bahkan ada eks Kawedanan terdapat lebih dari satu tempat upacara.

“Sebut saja ek Kawedanan Selokaton terdapat dua tempat, yaitu di lapangan sepak bola Pagersari, Patean, dan lapangan sepak bola Sumber, Kebumen, Sukorejo, dengan jumlah peserta upacara diperkirakan lebih 3000 orang” ungkapnya.

“Adapun yang lebih banyak ada di eks Kawedanan Weleri terdapat empat titik pusat upacara milad, yaitu di lapangan Sambongsari, halaman SMP Muhammadiyah 11 Rowosari, RSI Muhammadiyah, dan SD Muhammadiyah truko, Kangkung dengan jumlah peserta lebih dari lima ribu peserta” ugkapnya lagi.

“Sedangkan untuk eks Kawedanan Kendal, upacara akan dipusatkan di SMA Muhammadiyah 4 Kendal. Eks Kawedanan Kaliwungu upacara milad akan digelr di halaman Kecamatan Kaliwungu, dan eks Kawedanan Boja upacara milad digelar di SMK Muhammadiyah 2 Boja” imbuhnya.

BACA JUGA :  MBS Muhi Weleri Dapat Kunjungan Guru Besar Universitas Ummul Quro Makkah

Dijelaskan olehnya, terdapat sembilan anggota PDM Kendal yang rencananya akan bertindak sebagai pembina upacara dalam apel milad Muhamadiyah di Kendal.

“PDM telah menunjuk sembilan anggotanya untuk melaksanakan tugas sebagai pembina upacara Milad ke 107. Mereka yang diberi tugas, yaitu wakil ketua PDM Kendal, DR. H. Utomo, M.Pd sebagai pembina upacara di SMA Muhammadiyah 4 Kendal dengan pemimpin upacara M. Rizki Figo Lubis. Di halaman Kecamatan Kaliwungu ditunjuk wakil sekretaris, H. Moh. Utomo, SE dan sebagai pemimpin upacara adalah Abdul Riyanto.Sedangkan di SMK Muhammadiyah 2 Boja bertindak sebagai pembina upacara adalah Drs. H. M. Ali Satiran, M.Pd dengan pemimpin upacara Edy Purwanto. Di lapangan sepak bola Pagersari, PDM Kendal menugaskan Drs. H. Khaerudin Rais sebagai pembina upacara dengan pemimpin upacaranya adalah Afif Rizki Maulana. Untuk di lapangan sepak bola sumber bertindak sebagai pembina upacara adalah wakil ketua, koordinator MPKU, H. Yusuf Darmawan, S.Pd, M.Pd dengan pemimpin upacara Khaerul Anam. Adapun di lapangan Sambongsari telah ditunjuk sebagai pembina upacara Drs.H.Moh. Zabdi dengan pemimpin upacara Abdul Rokhim Soma. Di SMK Muhammadiyah 11 Rowosari adalah H. Djamzuri, SH sebagai pembina  upacara dengan pemimpin upacara Eko Saputro. Adapun di RSI Muhammadiyah bertindak sebagai pembina upacara wakil ketua, koordinator Majelis Hukum dan HAM, Drs. H. Abdullah Sachur, M.Pd dengan pemimpin upacaranya Akhamd Jayuri. Dan yang di SD Muhammadiyah Truko, Kangkung selaku pembina upacara adalah wakil ketua, koordinator Majelis Tarjih dan Tajdid, H. Ikhsan Intizam, Lc, M.Ag” beber Ghofur.

Wakil sekretaris PDM Kendal, H. Moh Antono mengatakan Apel milad Muhammadiyah 2019 dimaksudkan untuk mengenang berdirinya Muhammadiyah 107 tahun yang lalu dan kita bersyukur bahwa organisasi yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan tersebut sampai sekarang masih berdiri dan semakin kuat keberadaaanya.

BACA JUGA :  PDM Kendal Lantik Kepala MI Muhammadiyah Bangunsari Yang Baru

“Muhammadiyah sekarang semakin subur, berkembang dan sehat. Sehatnya Muhammadiyah dibuktikan dengan semakin bertambah dan berkembangnya Amal Usaha Muhammadiyah di semua lini kehidupan” kata Antono.

Antono menjelaskan, apel milad sebagai media memperkuat ukhuwah antar pimpinan, anggota, siswa dan simpatisan Muhammadiyah.

“Kita berharap apel milad 18 November 2019 mampu mempererat dan menguatkan tali sillaturrahmi keluarga besar Muhammadiyah, juga menambah cinta kita kepada Muhammadiyah dengan merefleksikan diri dengan berbuat dan beramal lebih banyak lagi kepada Islam melalui organisasi Muhammadiyah” ujarnya. (Dyah dan Farqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here