Di Musim Pandemi, SD Muhammadiyah Siapkan Gelar Prestasi Secara Daring, Siswa-siswinya Dilatih Baca Puisi

1
53 views

KENDALMU.COM | PATEBON. Di musim pandemi Covid-19 tidak hanya dimanfaatkan oleh  siswa/i untuk mengikuti proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saja, tetapi juga digunakan untuk mengasah bakat dan minat di bidang seni, diantaranya adalah baca puisi secara daring.

Deklamasi puisi tersebut dilakukan dalam rangka persiapan gelar prestasi SD Muhammadiyah Purin, Patenon, Kendal.

Adalah Hafizh Hudafidi, wali kelas 3 SD Muhammadiyah Purin, Patebon, yang dengan telaten dan sabar melatih anak-anak didiknya belajar deklamasi puisi. Adapun puisinya adalah hasil ciptaannya sendiri.

“Ada 22 siswa yang kami latih deklamasi puisi” kata Hafizh ketika ditemui kontributor kendalmu.com pada Senin (15/2) usai melatih.

“Saya hadir di rumah masing-masing anak sesuai jadwal yang disepakati” ujarnya. Hal tersebut dilakukan selain melatih disiplin juga meningkatkan sillaturrahmi.

Terkait membaca puisi, beliau menjelaskan, bahwa membaca puisi adalah sebagai proses kreatif.

“Dimana pelibatan secara intens batin dan mental siswa sebagai pembaca puisi harus dioptimalkan” ungkap Hafizh.

Beliau menjelaskan, sebelum melatih 22 siswa tersebut mereka sudah diberi teks atau naskah puisi yang sudah dihafalkan sebelumnya.

“Jadi 22 siswa itu menghafal satu judul puisi yang diucapkan secara berkesimbungan, setiap siswa mendapat jatah bagiannya masing-masing” katanya.

Tugas Hafizh tidak hanya melatih deklamasi puisi, tetapi juga merekam dalam bentuk video.

“Saya harus merekam mereka ketika deklamasi puisi satu persatu secara berurutan sesuai dengan teks puisi” ujarnya lagi

Hal itu dilakukan, karena bentuk gelar prestasi tidak gelaran langsung, tetapi secara virtual. Meskipun demikian, setiap siswa tetap diberikan wadah untuk berkreasi.

Beliau berharap kegiatan gelar prestasi via virtual bisa berjalan dengan baik lancar dan anak mampu menunjukan prestasinya secara maksimal.

BACA JUGA :  Bupati Kendal : Paling Enak Itu Dengan Muhammadiyah

Sedangkan Kepala SD Muhammadiyah Purin, Ahmad Sofi Irwanto, menyampaikan apresiasi kepada para guru yang tengah mempersiapkan gelar prestasi via virtual.

“Kami memberika kebebasan setiap kelasnya untuk berkreasi sesuai dengan bakat dan minat siswa yang dipandu oleh wali kelasnya” kata Irwanto.

Menurutnya, kreativitas setiap guru dan anak sebaiknya dikembangkan agar mereka merasa dan mampu mengembangkan potensinya itu dengan baik.

“Sangat eman-eman kalau kreativitas guru harus dibatasi dengan ketentuan dari kepala sekolah. Kami memberi kesempatan seluas luasnya kepada setiap guru dan siswa dalam berkreasi” tutupnya. (fizh)