Dico M Ganinduto : Kami Minta Ormas dan LSM Bantu Sukseskan Vaksinasi

0
16 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Bupati Kendal, Dico M Ganinduto meminta kepada seluruh Ormas dan LSM turut serta membantu pemerintah Kab. Kendal dalam mensukseskan program vaksin.

Hal tersebut dikatakannya pada acara Rakor Kondusivitas Wilyah ‘Peran Ormas dan LSM dalam Menjaga Stabilitas dan Kondusivitas Wilayah serta Menyukseskan Program Vaksinasi Covid-19’ pada Rabu (31/3) di Pendopo Tumenggung Bahurekso.

Dico dalam acara Rakor tersebut sebagai salah satu nara sumber mengatakan bahwa penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kendal telah mengalami penurun. “Alhamdulillah, proses vaksinasi berjalan lancar dan saat ini kasus covid-19 mulai berkurang.” ujar Dico M. Ganinduto.

Dikutip laman ayosemarang.com, Bupati Kendal mengatakan, bahwa Kendal termasuk daerah yang paling banyak mendapatkan jatah vaksin di Jawa Tengah, setelah Semarang dan Surakarta. Hal ini berkat adanya komunikasi yang intens dengan provinsi terkait kebutuhan vaksin.

“Pada kesempatan ini, kami mengajak kepada LSM dan ormas untuk berperan aktif menyukseskan program vaksinasi,” harapnya.

Sementara Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki mengatakan, bahwa Kendal adalah rumah kita bersama, maka perlu adanya kerja sama dalam membangun Kabupaten Kendal. Peran ormas dan LSM di antaranya membantu menciptakan situasi kondusif, supaya masyarakat hidup aman dan sejahtera. Nanti bisa mengajak anggotanya membantu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, harapnya.

Dikatakan, ormas dan LSM harus bersinergi dengan Pemkab untuk bersama-sama dan  berperan aktif untuk pembangunan bangsa dan kabupaten Kendal. Selain memiliki konsep yang besar dalam membangun, juga bisa menginformasikan hal yang positif.

“LSM dan Pemda bersatu membangun Kendal  yang lebih baik. Informasi positif bisa menjadi referensi  bagi Pemkab Kendal untuk membangun Kabupaten Kendal, “ imbuh Basuki

Sedangkan Dandim 0715 Kendal, Letkol Inf. Iman Widiarto mengatakan, menghadapi era globalisasi, maka masyarakat harus memiliki wawasan yang luas, baik kondisi regional maupun kondisi global.

BACA JUGA :  [KABAR MUKTAMAR] 500-an Warga Muhammadiyah Ikuti Gowes To Muktamar, Dahlan Rais : Momentum Syiar dan Kulonuwun ke Masyarakat

“Indonesia di tengah percaturan kepentingan global dan regional merupakan negara yang menjadi ladang perebutan negara besar, karena memiliki sumber energi dan potensi kekayaan alam yang luar biasa. Di sisi lain, setiap negara saling berlomba menjadi pemain dalam perdagangan global dengan cara  mempercantik diri untuk menarik investor asing. Hal yang sangat penting adalah menjaga situasi dan kondisi yang kondusif. TNI dan Polri tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan masyarakat, maka semua elemen masyarakat harus bersatu, maka peran LSM dan ormas untuk mengajak seluruh masyarakat untuk menciptakan situasi yang kondusif,” jelasnya.

Kapolres Kendal AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo menuturkan, bahwa peran serta LSM bisa menjadi kontrol sosial roda pemerintahan.

“Secara umum bagi pemegang pemerintahan tidak mengetahui secara teknis dan detail, maka perlu kontrol dari masyarakat, termasuk LSM dan ormas. Pemda harus dibantu dalam membangun Kabupaten Kendal, maka ormas dan LSM bisa menjadi corong kepada masyarakat untuk Kendal lebih baik,” katanya.