Distrik Mentari Covid-19 Kendal Siapkan 3000 Vaksin, Sasar Lansia dan Para Pekerja

0
46 views

KENDALMU.COM | WELERI. Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah melalui Distrik Mentari Covid-19 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal menyediakan sebanyak 3000 dosis vaksin Sinovac dengan sasaran masyarakat lansia dan para pekerja.

Pelaksanaan vaksinasi berlangsung mulai Jum’at (12/11) di RSI Muhammadiyah Kendal, dan tempat-tempat lain, yakni SD Muhammadiyah Weleri, Balai Desa Penyangkringan, Weleri, Pondok Darul Arqom Patean, Klinik Pratama Surya Medika Boja, Balai Desa Sambongsari, Weleri, Balai Desa Sidomukti, Weleri, Balai Desa Sukorejo, dan Balai Dakwah Muhammadiyah Kaliwungu.

Districk Manager Mentari Covid-19 MPKU Muhammadiyah Kendal, dr Manarul Ulfa mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi pihaknya  memfasilitasi pelayanan vaksinasi sore dan malam hari untuk pekerja di wilayah Kecamatan Weleri.

“Mereka para pekerja kita beri kesempatan vaksin di sore dan malam hari” katanya.

Dalam pelayanan juga tidak membatasi kategori warga yang ingin mengikuti vaksinasi. Baik warga Kendal, maupun warga luar daerah untuk vaksin dosis 1 dan 2.

“Kami juga siapkan fasilitas armada antar-jemput peserta vaksin lansia dan disabilitas yang kesulitan transportasi. Untuk mempermudah program ini agar menjangkau semua sasaran,” imbuh Ulfa.

Sementara itu Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki yang hadir dalam acara vaksinasi memberi apresiasi kepada MPKU Muhammadiyah yang bekerja sama dengan United States Agency for International Development (USAID).

“Program ini diperuntukkan untuk seluruh umat dan seluruh masyarakat, tidak hanya untuk warga Muhammadiyah saja” kata Basuki saat membacakan kata sambutan Bupati Kendal.

Diterangkan, kasus Covid-19 di Kab. Kendal sudah membaik dan menurun, dan saat ini Daerah Kendal masuk dalam PPKM Level 2.

“Capaian tersebut hasil kerja keras kita bersama dalam mengupayakan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kendal. Tetapi kita tidak boleh lengah sedikitpun agar kerja keras kita selama ini tidak menjadi sia-sia” katanya.

BACA JUGA :  Ruang IGD Dibangun, RS PKU Muhammadiyah Boja Segera Beroperasi

Percepatan vaksinasi di Kab. Kendal, lanjutnya, akan terus dilaksanakan untuk menuju PPKM Level 1.

“Program vaksinasi sudah kita lakukan dengan baik yang ditargetkan Pemerintah Pusat yaitu dosis pertama 70% dan kita sudah lebih dari target. Adapun untuk vaksinasi pralansia harus kita kejar dengan target 60%. Untuk saat ini vaksinasi untuk pralansia masih berada kisaran 55%” ungkapnya.

Pemerintah Kab. Kendal mengajak warga yang belum vaksinasi segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi di tempat terdekat.

Dia berpesan kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan.

Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam berharap tenaga kesehatan RSI dan RSDI Muhammadiyah untuk tetap melayani vaksinasi kepada masyarakat.

“Muhammadiyah sangat mendukung pemerintah tentang vaksinasi karena penting. Vaksin ini untuk ikhtiar ilmiah, sebagian masyarakat ada yang tidak percaya dengan vaksin. Tetapi vaksinasi merupakan ikhtiar manusia untuk dapat memiliki ketahanan dan imunitas agar bisa relatif terlindungi dari kemungkinan tertular Covid-19” kata Ikhsan.

Dalam Islam, lanjut dia, kita harus berikhtiar, jangan sampai terjerumus ke jurang kebinasaan.

“Secara agama kita hurus berikhtiar dengan ilmiah supaya tidak masuk binasa” ujarnya mengutip Al qur’an penggalan Surat Al Baqarah ayat 195 ‘dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri’ (fur)