Dua Tahun KL Lazismu RSI Kendal Berdiri, Terkumpul Zakat Profesi 1,5 M Lebih

0
73 views

KENDALMU.COM | WELERI. Terhitung sejak tahun 2019 Kantor Layanan (KL) Lazismu RSI Muhammadiyah Kendal berdiri telah mampu mengumpulkan zakat sebanyak Satu Setengah Milyar lebih. Zakat itu bersumber dari para muzakki, yaitu seluruh pegawai yang bekerja di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah Bidang Kesehatan (AUMKes) tersebut.

Kepala KL Lazismu RSI Muhammadiyah Kendal, Daryono, mengatakan, besarnya perolehan zakat selama dua tahun tersebut adalah zakat profesi dari tenaga medis dan non medis

“Rinciannya tahun 2019 terkumpul Rp. 659.095.474 dan tahun 2020 sebanyak Rp 906.063.696, sehingga jumlah keseluruhan Rp 1.565.159.170” kata Daryono ketika dihubungi kendalmu.com Jum’at (22/1) di ruang kerjanya.

Beliau menjelaskan, perolehan zakat sebanyak itu segera ditasyarufkan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

“Salah satunya adalah untuk pasien rawat inap maupun rawat jalan di RSI yang kurang mampu, kita bantu biaya selama menjalani perawatan” terangnya.

Lebih dari itu, lanjut Daryono, melaksanakan program ambulan gratis untuk pasien yang kurang mampu, dan program di bidang sosial, pendidikan dan kemanusiaan.

Daryono berharap, perolehan zakat sebanyak itu dapat ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya, dan mereka yang merasa terbantu merasa ringan terhadap beban biaya perawatan selama di RSI.

Sedangkan Kepala Kantor Lazismu Daerah Kendal, Agus Wahyudi, menyampaikan apresiasi kepada KL Lazismu RSI Muhammadiyah Kendal yang telah mampu mengumpulkan zakat dari pegawai di lingkungan RSI Kendal.

“Zakat profesi di lingkungan AUM sedangkan kami tegakkan, yaitu zakat yang dikeluarkan setelah dikurangi dengan biaya kebutuhan hidup secara wajar, seperti untuk kebutuhan pangan, sandang, perumahan, biaya pendidikan, biaya kesehatan, transportasi dan lain sebagainya” beber Agus.

Beliau menilai perolehan zakat di RSI selama dua tahun sungguh luar biasa, tentunya tetap berharap perolehan zakat profesi di RSI dapat diikuti di AUMKes yang lain. (fur)

BACA JUGA :  Aksi Spontan Ibu-Ibu PRA Sambongsari, Hadapi Covid-19 Dengan Mendirikan Warung Shadaqah Lauk Pauk