Fokal IMM Kendal Ajak Pemuda Diskusi Peningkatan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

0
61 views
INOVASI. Sesi materi pertama oleh Wakil Rektor UNISS Kendal soal inovasi dalam dunia usaha. (foto dok. joe)

KENDALMU.COM | KENDAL. Dalam rangka mengkaji upaya peningkatan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM) Kendal menggelar diskusi peran peran pemuda Kendal dalam meningkatkan ekonomi, Ahad (6/12) di Bourjuis Cafe, Kendal.

Hadir sebagai narasumber kegiatan tersebut Wakil Rektor Universitas Selamat Sri (UNISS) Kendal, Luth, S.IP, M.IP., dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISS Kendal Neli Hajar S.Sos.I, MM., serta peserta dari praktisi UMKM, organisasi kepemudaan dan mahasiswa.

Salah satu narasumber, Neli Hajar mengatakan bahwa pandemi Covid-19 sangat berdampak besar pada sektor UMKM. Dampak tersebut meliputi penurunan omset, serta kesulitan dalam distribusi barang dan penyediaan bahan baku.

Dalam situasi ini, lanjut Neli perlu ada inovasi baru bagi pelaku UMKM yakni memanfaatkan teknologi informasi, serta memperkuat jejaring bisnis. Neli menyebut membangun kepercayaan menjadi hal penting dalam bisnis, terlebih dalam situasi di mana produsen dan konsumen tidak dapat bertatap muka secara langsung.

DISKUSI. Salah seorang peserta bertanya ketika sesi tanya jawab. (foto dok. joe)

Sementara narasumber lain, Luth mengungkap bahwa dalam menghadapi situasi Covid-19 pelaku usaha perlu melakukan 3 inovasi.

“Tingkatkan manajemen pengetahuan, menganalisa permintaan pasar dan memperbaiki strategi pemasarannya,” pungkas pemilik usaha di bidang fashion dan kuliner di Papua tersebut.

Fokal IMM Kendal, Abdul Wahid dalam kegiatan tersebut mengungkap bahwa peran pemuda sangat dibutuhkan untuk mengembangkan sektor ekonomi daerah.

“UMKM adalah jawaban yang tepat, alih alih mencari pekerjaan justru dengan membuat UMKM mampu membuka peluang lapangan kerja bagi yang lain,” pungkas Wahid.

Harapannya, lanjut Wahid, generasi muda mampu membaca peluang usaha di masa depan dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat umum. (Rifqi)

BACA JUGA :  Belajar Pecahkan Masalah Bersama Sekum PD IPM Kendal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here