Ikhtiar Kongkrit MPKU dan LPB Cegah Corona Di Kendal

0
0 views
SERIUS. Jajaran MPKU dan LPB PDM Kendal serius Rakor pencegahan wabah virus Corona ( foto dok malik)

KENDALMU.COM | WELERI. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal melalui Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) dan Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) bersama di aula RSI Muhammadiyah Kendal Senin (16/3).

Rakor tersebut dimaksudkan sebagai ikhtiar kongkrit dalam upaya mencegah wabah virus  Corona di Kabupaten Kendal.

Ketua MPKU PDM Kendal, H. Taufik Husein, S.Si menyampaikan, Maklumat  Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah nomor 02/MLM/I.0/H/2020 Tentang Wabah Corona Virus Diesease 2019 (Covid19) harus segera dilaksanakan.

“Implementasinya kami membentuk Muhammadiyah Covid Center (MCC)” kata Bang Upik, panggilan keseharian Taufik Husein.

Beliau menjelaskan, MCC dalam melaksanakan tugasnya membentuk Penyuluh Kesehatan Rumah Sakit (PKR) di setiap Kawedanan yang ada di Kabupaten Kendal.

“Anggota PKR terdiri dari para tenaga medis yang ada di dua Rumah Sakit Milik Muhammadiyah, yaitu RSI dan RSU Darul Istiqomah Muhammadiyah Kaliwungu. Kami juga membuka posko layanan Corona di gedung eks Akper Muhammadiyah Ngasinan, Weleri” ujarnya.

PKR dalam melaksanakan tugas, menurut Upik, tidak sebatas menyampaikan pengetahuan tentang keberadaan, penyebab hingga penyebaran virus corona, tetapi juga  bagaimana pola hidup sehat dalam menjaga kesehatan dilaksanakan.

“Lebih dari itu, PKR juga berkewajiban menjemput pasien yang diduga terkena wabah corona” imbuhnya.

Terkait dengan biaya operasional yang muncul untuk pencegahan virus corona, tahap awal MPKU telah menyediakan anggaran yang cukup.

“Dana tersebut diantaranya bisa digunakan untuk mencetak leaflet yang bisa dipasang di tempat-tempat strategis atau diberikan di kerumunan orang, termasuk momentum Pilkades Rabu 18 Maret besok”.

PENYERAHAN. Ketua MPKU PDM Kendal, H. Taufik Husein, S.Si menyerahkan anggaran dana pencegahan wabah virus corona kepada Ketua Bidang Pengurangan Resiko Bencana LPB PDM Kendal, Abdul Malik, S.Pd (foto dok upik)

Sedangkan Ketua Bidang Resiko Pengurangan Bencana (RPB) LPB PDM Kendal, Abdul Malik, S.Pd mengatakan, pencegahan  virus corona dilakukan secara sinergis antar lembaga dan untuk perorangan harus dilakukan praktek nyata pola hidup sehat dan bersih.

BACA JUGA :  Siapkan Kader Militan, PR IPM SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Adakan Pelatihan Kader

“Majelis atau Lembaga yang ada di Muhammadiyah dan mengelola layanan umum, seperti Rumah Sakit, sekolahan, pertokoan, dan lainnya harus menyediakan sarana cuci tangan. Prakteknya, setiap siswa, guru, dosen dan pegawai di lingkuan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) sebelum masuk ruang wajib cuci tangan. Begitu juga setelah menjalankan tugas-tugas segera cuci tangan” jelas Malik.

Sehubungan dengan himbauan pola hidup sehat dan bersih, Malik meminta kepada para Khatib Sholat Jum’at untuk menyampaikan materi khotbah tentang pentingnya hidup sehat dan bersih dalam mencegah wabah virus corona.

“Majelis Tabligh PWM Jateng sedang menyiapkan materi khutbah Shalat Jum’ah dan jumatan besok diharapkan disampaikan secara serentak oleh khatib saat khutbah jum’ah di masjid-masjid milik Muhammadiyah”

Beliau juga menghimbau agar karpet yang digelar masjid dan musholla untuk shalat segera digulung, lantainya dipel bersih tiga kali dalam sehari.

“Lebih dari itu, tidak meludah di sembarangan tempat” pungkas Malik. (fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here