Ikhtiar Perkuat Ekonomi Anggota, KOKAM Boja Budidaya Lele

0
38 views

KENDALMU.COM | BOJA. Di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum landai perlu ikhtiar secara kolektif yang dilakukan oleh lembaga di bidang ekonomi. Hal tersebut dilakukan agar perekonomian anggota tidak lemah.

Seperti yang dilakukan oleh jajaran Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Markas Cabang (Marcab) Boja yang sedang berusaha memperkuat perekonomian anggota dengan melakukan budadaya ikan lele.

Komando Kokam Marcab Boja, Edi Purwanto mengatakan lembaganya sedang menyiapkan 3 kolam tanah dengan ukuran masing-masing kolam 3 x 4 meter.

“Setiap kolam rencananya kami tebar 2500 ekor benih lele dengan ukuran benih 7 cm” kata  Edi usai pembuatan kolam pada Ahad (20/6) di Dusun Tumpak Rt. 002 Rw. 007, Desa Kliris, Kec. Boja.

Dia menerangkan, pembuatan kolam lele dilakukan dengan gotong royong oleh anggota Kokam setempat selain sebagai wujud kebersamaan, kekompakan, juga agar kolam segera jadi.

Edi berharap, ikhtiar budidaya ikan lele akan membantu perekonomian anggota Kokam dalam rangka memperkuat ketahanan pangan keluarga dan menopang biaya kegiatan organisasi.

Sementara itu Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Boja, Djuwadi menyambut baik pembuatan kolam ikan lele yang dilakukan oleh jajaran Kokam Boja.

“Saya mendukung usaha ekonomi yang dilakukan Kokam melalui budidaya lele” kata Djuwadi.

Dalam masa pandemi Covid-19, kata dia perekonomian di tengah masyarakat dalam kesulitan dan perlu ada pemikiran yang inovatif dan kreatif agar jajaran Kokam tetap eksis.

“Budidaya lele apabila dikelola secara tekun dengan pakan yang cukup mampu menghasilkan ikan lele konsumsi tepat waktu, yaitu 2 setengah bulan” ujarnya.

Sedangkan Komandan Kokam Markas Daerah (Marda) Kendal, Budiyono yang turut hadir menyerahkan Buku Panduan Diklat untuk Kokam dan beberapa Atribut kepada Komandan Marcab Boja, Edy Purwanto.

BACA JUGA :  Teka Teki Pengganti Ketua PDM Kendal Akhirnya Terjawab

“Buku ini berisi pedoman Kokam dalam setiap kegiatan dan mohon semua jajaran Kokam membaca dan memahaminya” pinta Diyon.

Terkait pembuatan kolam lele, Budiyono memberi apreasiasi kepada Kokam Marcab Boja sebagai usaha bersama memperkuat ketahanan pangan keluarga.

“Di tengah Covid-19 perekonomian goncang, namun Kokam Boja sedang berikhtiar menegakkan tiang ekonomi keluarga melalui budidaya lele” ujarnya.

Budiyono yang didampingi oleh jajaran Kokam Marcab Rowosari berharap, budidaya lele tersebut dapat berhasil dan memberi manfaat kepada jajaran Kokam dan organisasinya. (dyah)