Ikhtiar Tangkal Covid-19, SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Beri Sistem Imun Jasmani dan Rokhani

0
95 views
IKHTIAR. Imunitas rukhaniyah dengan tadarus Al quran secara bersama sebagai salah satu ikhtiar selain imun gizi diharapkan sebagai penangkal Covid-19 (foto dok umi)

KENDALMU.COM | SUKOREJO. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah serangan virus corona. Salah satunya dengan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Hal tersebut juga dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, Kendal dengan sasaran para guru dan pegawai di lingkungan sekolah tersebut.

Koordinator kegiatan, Ustadz Zulfathon, mengatakan, imbas Covid-19 telah merambah di Indonesia dan kita perlu melakukan pencegahan sesuai anjuran pemerintah yaitu melalui sistem imun.

“Tetapi kami tidak hanya memberi imun dalam asupan makanan bergizi saja, imun batiniyah juga kami lakukan” kata Zulfathon ketika ditemui kontributor kendalmu.com pada Senin (6/12).

Beliau menjelaskan, imun rokhaniyah sama pentingnya dengan imun jasmani. Keduanya harus seimbang dalam diri seorang muslim.

“Imun rokhaniah bisa menentukan kesehatan seseorang. Sehat jasmani tapi kalo rokhaninya rusak bisa jadi itu sebenarnya kurang sehat”

Sedangkan Kepala SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, Shofiq Ghorbal, mengatakan, dalam pelaksanaan imun rokhaniyah di SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo diadakan pengajian setiap hari sebelum jam pelajaran pertam dimulai.

“Imunitas rokhani diawali dengan Morning Spiritual Gathering (NSG), dilanjutkan dengan tadarus bersama, dan belajar baca Alqur’an bighorib, dengan samar-samar”

Ditambahkan, karena jumlah guru dan pegawai cukup banyak, kami harus melibatkan beberapa ustadz, ustadzah yang kompeten di bidangnya.

“Satu orang ustadz dan satu orang ustadzah kami libatkan, yaitu Ustad Wahid  Abidin, alumni pondok Darul Amanah, dan Ustadzah Nur Novianti alumni Pendidikan Guru Pengajar Quran Pondok Pesantren Radhotul Mujawwidin yang memprakarsai munculnya qiroati” jelasnya.

Sedangkan untuk imunitas jasmani, pihak SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo melakukan minum jamu kunir asem bersama-sama.

“Kegiatan minum jamu kurir asem dilakukan sepekan sekali dilanjutkan dengan senam bersama” ujarnya. (umi)

BACA JUGA :  Komplek PDM Dan Puluhan Masjid/Musholla Disemprot Desinfektan Oleh Relawan MCC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here