Ikuti Milad ke 56 Virtual, KOKAM Sibolim Perkuat Nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan

0
75 views

KENDALMU.COM | BOJA. Jajaran Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) yang ada di Cabang Singorojo, Boja dan Limbangan (Sibolim) mengikuti Apel Nasional Milad ke 56 KOKAM secara virtual. Kegiatan tersebuit diikuti oleh 60 personil yang berlangsung pada Jum’at (1/10) di SMK Muhammadiyah 2 Boja.

Komandan KOKAM Marcab Boja, Edi Purwanto mengatakan, pelaksanaan apel nasional dalam rangka Milad ke 56  atas dasar instruksi PW Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah dan PD Pemuda Muhammadiyah Kendal.

“Instruksi tersebut kami tindaklanjuti dengan menggelar rapat harian PCPM Boja yang terselenggara pada 21 September lalu di PosKo KOKAM PRM Kliris. Selain itu, milad KOKAM juga merupakan program kerja rutin tahunan dari bidang KOKAM dan SAR  dari PCPM Boja” kata Edi.

Dijelaskan, apel tersebut untuk mengingat kembali sejarah berdirinya KOKAM saat peristiwa G30S/PKI terjadi.

“Kita harus mengingat kembali sejarah KOKAM pada G30S/PKI terjadi tahun 1965” ujarnya.

Kegiatan apel, lanjutnya, juga sebagai media sillaturrahmi seluruh anggota KOKAM di Sibolim supaya lebih kuat dalam tali persaudaraan.

Sementara itu Kepala SMK Muhammadiyah 2 Boja, Nur Khirin, mengatakan KOKAM dalam usianya ke 56 diharapkan lebih eksis dalam berperan di tengah-tengah masyarakat dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

“KOKAM kedepan harus terus bergerak agar makin dicintai masyarakat, dengan demikian KOKAM akan merakyat, selalu dinantikan saat terjadi marabahaya baik sosial maupun alam tanpa melihat latar belakangnya” kata Nur Khirin.

Ia menyebut peran KOKAM di Sibolim dalam menghadapi pandemic Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh AUM yang ada di Sibolim.

Dikatakan juga, sebagai pemuda kita harus aktif berorganisasi karena disana kita akan ditempa dan belajar dalam sosial kemasyarakan.

“Kita akan lebih peka terhadap isu-isu sosial yang kemudian menuntut kita untuk mengupgrade skill kita dalam segala aspek bidang ilmu. Sebagai kader persyarikatan kita akan menjadi penerus keberlangsungan organisasi yang terus bergerak secara harmonis, maka harus dipersiapkan sejak dini untuk membentuk generasi yang mumpuni menuju pergantian estafet penerus organisasi” bebernya.

BACA JUGA :  Musyda XVII IPM Kendal Dibuka Oleh Wakil Bupati, Inilah Pesannya

Sedangkan Wakil Ketua PCM Boja, Wiji Ahmanto mengingatkan janji dan sumpah KOKAM, yaitu siap menjadi Pelopor, Pelangsung dan Penyempurna Gerakan Muhammadiyah.

“Sumpah dan janji tersebut menjadikan KOKAM lebih bersemangat dalam mengasah dan mengolah skill di berbagai bidang sesuai disiplin ilmu, karena kita akan menjadi generasi yang utama” kata Wiji.

Dia berharap KOKAM senantiasa menempatkan diri sebagai kelompok kader yang militan dengan meningkatkan level keimanan dan ketaqwaan dalam rangka melayani ummat.

“Ummat harus kita rangkul, jangan dibiarkan, tetapi dibina dan dicerahkan supaya kehidupannya terarah dengan benar” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, dua Purnawirawan TNI, Isnanto dan Wanto, Mahali, Rusmono Rudi Nuryawan dan Nuriman. (agung)