Ilham, Film Terbaik Versi LSBO PDM Kendal, dan Inilah Beberapa Film Sebagai Pemenang

0
49 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Film berjudul Ilham mendapat nilai teratas dalam ajang lomba short movie yang digelar oleh Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) PD Muhammadiyah Kendal 2021.

Sedangkan pemenang film lainnya adalah Jihad Jalan Lain (PCM Weleri) score 695 like 595 sebagai juara ke dua, dan Gemes Gegara Esmurin (PCM Purin) juara 3 dengan score 590. Adapun film favorit 1, 2, dan 3 jatuh pada film Ilham, Gema Sang Surya (PCM Boja), dan Jihad Jalan Lain.

Dewan juri juga menetapkan 3 pemenang, Pemeran Terbaik, Handri Kusmoro (Jihad Jalan Lain), Sutradara Terbaik, Setya Nugrahaning Saputri (Jihad), dan Kameraman Terbaik,Retyno Hardini Setyowati (Ilham).

Film Ilham dengan pemeran utama M. Fahmi Ilhamul Arifin adalah film perwakilan dari PCM Limbangan mendapat score 730 dan like 1219.

Ilham adalah sebuah film yang menceriterakan tentang sebuah keluarga kecil yang diperankan oleh M Badrul Mustofa (bapak), Sofiyatun berperan sebagai ibu. Sang ibu sedang hamil tua, tidak lama lagi akan melahirkan anak ke dua. Tentu berharap jabang bayi yang akan lahir nanti sehat dan normal. Namun yang terjadi justru bayi lahir dalam keadaan tidak memiliki penglihatan sama sekali, tunanetra.

Sebagai keluarga muslim yang taat, kehadiran anak adalah amanah dari Allah dan harus dijaga, dirawat, dan diasuh dengan baik, termasuk keluarga itu, meskipun anaknya, Ilham dalam keadaan low vision.

Persoalan muncul dari kakak Ilham, diperankan oleh Dewi Nafisatul Ghorizah, yang cemburu karena perhatian kedua orang tuanya lebih banyak ke adiknya. Namun setelah mendapat pengertian dari sang Ibu, kakak Ilham bisa memahami dan menerima.

Persoalan muncul lagi ketika Ilham berumur, dan saatnya masuk sekolah, kedua orang tuanya belum menemukan bangku sekolah untuk ilham, meskipun ia memiliki kelebihan, yaitu hafal beberapa surat pendek dalam Al qur’an yang belum tentu dimiliki oleh anak-anak seusianya.

BACA JUGA :  Peringati Hari Pahlawan, SMK Mupat Sukorejo Gelar Festival Budaya Islam

Saran Dokter.

Ketika ilham diperiksakan ke sebuah klinik Syifa’ Annisa, seorang dokter, diperankan dr Resaka Yudha Prawira menyarankan supaya Ilham disekolahkan di sekolah khusus, yaitu Sekolah Luar Biasa (SLB) Surya Gemilang, yang dekat dengan tempat tinggal Ilham.

Di SLB tersebut,Ilham diikut sertakan dalam lomba tahfidz Al qur’an antar SLB tingkat Kabupaten dan mendapat juara.

Terkait dengan penilaian lomba, Ketua LSBO PDM Kendal, Agus Martono mengungkapkan penilaian yang dilakukan oleh seluruh dewan juri bersifat transparan, dan tidak ada intervensi dari panitia maupun pihak lain.

“Kami melibatkan 4 dewan juri professional, berkompetensi di bidang seni, khususnya film pendek dan paduan suara sehingga penilaiannya dilakukan tanpa ada intervensi” kata Agus sebelum mengumumkan hasil lomba di acara syiar Milad ke 109 Muhammadiyah tingkat Daerah Kendal Jum’at siang (19/11).

Sedangkan dalam lomba paduan suara dimenangkan oleh perwakilan PCM Weleri sebagai juara 1, PCM Kaliwungu juara 2, dan PCM Purin menenpati juara 3, masing-masing juara dengan lagu wajib berjudul Sang Surya, Derap Kemajuan, dan wajib pilihan Aisyiyyah. (fur)