Inilah Ciri-ciri Orang Shaleh Menurut Ustadz Sumanto

0
22 views
TAUSYIAH. Ustadz Sumanto saat menyampaikan tausyiah Ahad pagi di Boja (foto dok. kholidin)

KENDALMU.COM | BOJA. Siapakah orang shalih? Apakah orang shalih harus punya ilmu sakti? Apakah orang shalih harus nampak berjidad hitam, memakai sorban dan baju putih?

Demikian pernyataan salah satu pengasuh Pondok Modern Darul Arqam Muhammadiyah 1 Patean, Kendal, Ustadz Sumanto pada pengajian Ahad pagi (8/12) di halaman Klinik Pratama ‘Surya Medika’ Boja.

Di hadapan jamaah pengajian beliau menyampaikan, saat kita tasyahud dalam sholat seringkali membaca bacaan “Assalaamu ‘alainaa wa ‘ala ‘ibadillahish sholihiin (Salam untuk kami dan juga untuk hamba Allah yang shalih).” Dan disebutkan dalam lanjutan hadits: “Jika kalian mengucapkan seperti itu, maka doa tadi akan tertuju pada setiap hamba Allah yang shalih di langit dan di bumi.”

Ustadz Sumanto mengutip pendapat Imam At Tirmidzi Al Hakim tentang orang sholeh, yaitu

orang yang menjalankan kewajiban terhadap Allah dan kewajiban terhadap sesama hamba Allah. Siapa yang ingin meraih ucapan salam yang diucapkan oleh setiap orang yang sedang shalat, maka jadilah hamba yang shalih. Jika tidak, maka karunia yang besar (berupa doa selamat) diharamkan untuk diperoleh

“Intinya, hamba yang shalih bukanlah yang hanya memperhatikan ibadah, shalat dan dzikir. Hamba yang shalih juga punya hubungan yang baik dengan sesama” ungkapnya.

Beliau juga menyatakan bahwa menjadi manusia yang baik, sholeh memang penting . Kesholehan seseorang tidak hanya diukur dengan ketaatan menjalankan ibadah kepada Allah.

“Menjadi manusia yang baik, sholeh itu memang penting. Tapi yang lebih penting lagi adalah menjadi manusia yang lebih untuh yakni saleh secara pribadi dan saleh secara sosial” ujarnya. Manusia sholeh, lanjutnya, melakukan interkasi sosial, persoalan muamalah, hubungan antar manusia sehingga kebaikannya tidak untuk diri sendiri, tetapi juga untuk sesama manusia.

BACA JUGA :  Peduli Musibah Kebakaran Rumah Di Purworejo, PDA Kendal Bantu Para Korban

Ustadz Sumanto memberi ciri-ciri orang sholeh, diantaranya adalah senantiasa taat kepada Allah swt dan Rasullulah saw.

“Mensegerakan dalam menjalankan segala perintah Allah dan Rasulnya, dan merasa ringan” ungkapnya.

Di bagian lain beliau juga memberi ciri-ciri orang sholeh, yaitu jihad fisabilillah adalah tujuan hidupnya. Mati syahid adalah cita cita hidup yang tertinggi, serta sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah swt.

Orang sholeh menurut ustadz Sumanto adalah mereka yang ikhlas dalam beramal, karena akan memperoleh balasan di kampung akhirat sebagai tempat menerima balasan.

Di bagian akhir dikatakan, bahwa orang sholeh sangat takut kepada ujian dan ancaman Allah SWT, maka selelu mohon kepada Allah ampunan atas segala dosa-dosanya. (lid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here