Isi Liburan Bermanfaat, PC IPM Sukorejo Selenggarakan Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1

0
2 views
KADER. Peserta dan Master of Training foto bersama saat sesi RTL atau Rencana Tindak Lanjut (foto dok. yatin)

KENDALMU.COM | SUKOREJO. Libur sekolah telah tiba, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Sukorejo memanfaatkan momentum ini dengan menggelar Pelatihan Kader Taruna Melati 1 ( PKTM 1 ) di Kaki Gunung Prau,  Kenjuran , Desa Purwosari Kecamatan Sukorejo. Pengkaderan tersebut berlangsung 3 hari, Ahad-Selasa (22-24/12).

Ketua Panitia kegiatan Afifudin menyampaikan, PKTM 1 diikuti oleh 44 peserta utusan dari Pimpinan Ranting ( PR ) IPM SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, SMP Muhammadiyah 4 Sukorejo, dan dari MTs Muhammadiyah 3 Ngargosari, yang kita tahu bahwa Mts Muhammadiyah 3 Ngargosari adalah anggota IPM.

“Alhamdulillah terdapat 7 peserta dari MTs Muhammadiyah 3 Sukorejo yang kami ketahui jarang terlibat dalam kegiatan IPM” kata Afifudin.

“Karena faktor geografis, dan terbatasnya komunikasi, menjadikan informasi kurang tertangkap. Namun untuk kegiatan PKTM 1 kami memberi apresiasi kepada MTs Muhammadiyah 3 Ngargosari” imbuhnya.

BRAIN STORMING. Ketua Bidang Perkaderan PD IPM Kendal, Ipmawan Zulfi Syah Putra memberikan materi kepada peserta Taruna Melati 1 PC IPM Sukorejo. (foto dok. joe)

Sementara itu Ketua Umum PC IPM Sukorejo, Doni Hermawan mengatakan, bahwa PKTM 1 dimaksudkan sebagai proses transformasi kesadaran keimanan dan keislaman kader yang manifes dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari kesadaran akan pribadi, kelompok dan masyarakat dengan tujuan agar peserta memiliki kesadaran tentang IPM dan Muhamamdiyah sebagai gerakan Islam

“Peserta akan kami tanamkan rasa sadar tentang dasar-dasar ke-IPM-an dan Kemuhammadiyah-an sebagai gerakan Islam dan sosial sebagaimana dalam maksud dan tujuan organisasi IPM” katanya.

“Di Ikatan Pelajar Muhammadiyah adalah langkah awal untuk mengenal Muhammadiyah, karena pondasi untuk bermuhammadiyah ya dari IPM ini, maka harus kita mulai sedini mungkin,” imbuh Doni.

OUTBOND. Peserta mengikuti sesi olahraga pagi sebelum melaksanakan outbond di desa Purwosari, Sukorejo (foto dok. yatin)

Bertindak sebagai Master of Trainig (MoT) adalah unsur PD IPM Kab.Kendal, Zulfi Syah Putra.

Dalam orientasinya, beliau menegaskan, sebagai kader Ikatan harus bergerak secara kolektif dalam menjalankan amanah organisasi, dengan memanfaatkan liburan dengan aktifitas yang bermanfaat.

“Generasi sekarang ini kebanyakan sudah terjangkit penyakit yang berbahaya yakni penyakit Mager (Malas Gerak). Jadi dengan diadakan TM 1 ini, semoga dapat menumpas semua penyakit-penyakit itu dan semacamnya”. ucapnya.

BACA JUGA :  [KABAR MUKTAMAR] Abdul Mu’ti : Demam Muktamar Muhammadiyah ke 48 Adalah Kegembiraan Bersama
REFLEKSI. Panitia penyelenggara Pelatihan Taruna Melati 1 menyiapkan dekorasi malam seni dan refleksi (foto dok. noval)

Selama berlangsungnya PKTM 1 peserta akan menerima beberapa materi pembelajaran, yakni diantaranya Kemuhammadiyahan, Ke IPM an, Belajar Problem Solving, Manajemen Organisasi, dan di malam hari sebelum malam puncak di adakan malam apresisasi dan refleksi (joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here