Izin Pendirian RSA Tlahab Sudah Turun, Inilah Langkah Selanjutnya..

0
2 views
GEDUNG. Bangunan gedung Rumah Sakit Aisyiyah yang terletak di jl.Soekarno-Hatta km 10 Tlahab Gemuh (foto dok)

KENDALMU.COM | KANGKUNG. Perkembangan berdirinya Rumah Sakit ‘Aisyiyah (RSA) di Desa Tlahab, Gemuh, Kendal telah terlihat dengan dipegangnya Surat Pemberian Persetujuan Pendirian Rumah Sakit dari Pemerintah Kab. Kendal melalui Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Humas RSI Muhammadiyah Kendal, Farid Hermawan, mengatakan, izin mendirikan Rumah Sakit yang izin usahanya diterbitkan oleh lembaga Online Single Submission (OSS) sebagai tahapan yang harus ditempuh dan dimiliki.

“Alhamdulilah, izin pendirian RSA Tlahab sudah turun. Sesuai Permenkes nomor 3 tahun 2020, bahwa  Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission yang selanjutnya disingkat OSS” kata Farid saat dihubungi kendalmu.com pada Rabu (30/9).

Perizinan berusaha, kata Farid, diterbitkan oleh lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, gubernur, atau bupati/wali kota kepada pemilik dan pengelola Rumah Sakit melalui sistem elektronik yang terintegrasi.

“Dengan diperolehnya ijin mendirikan RSA Tlahab, tahap selanjutnya adalah mengajukan izin operasional” imbuhnya.

Beliau menjelaskan, proses pengajuan izin pendirian RSA dilakukan beriringan dengan proses pembangunan gedungnya yang sekarang mendekati selesai.

“Bangunan gedung RSA yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta km.10, Tlahab – Gemuh hampir selesai dan segera dilengkapi dengan peralatan-peralatan Rumah Sakit tipe D sesuai dengan Permenkes no 3 tahun 2020”

Farid mengakui, proses sistem OSS sampai dengan dapat beroperasinya RSA Tlahab masih membutuhkan waktu yang panjang dan keseriusan.

“Dukungan dari pimpinan persyarikatan senantiasa kami butuhkan” pintanya.

Sebagaimana diketahui, RSA adalah berawal dari Rumah Bersalin (RB) dan Balai Pengobatan (BP) Aisyiyah yang dikembangkan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kendal menjadi Rumah Sakit. Ditambahkan juga, selain izin pendirian RSA Tlahab sudah selesai, pihak PDM Kendal melalui Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) sedang melakukan proses pengajuan Izin Pendirian RSU PKU Muhammadiyah Boja. (fur)

BACA JUGA :  Majelis Dikdasmen Gelar Pelatihan Pembuatan NIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here