Janji Allah Bagi yang Berpuasa

0
87 views

Oleh : Naufal Abdul Afif

  1. Allah akan memberikan Furqan

Furqan adalah sikap tegas memisahkan antara yang Haq dan Batil, antara yang baik dan buruk, antara terpuji dan tercela. Kita sering berdoa kepada Allah, “Allohumma arinal haqqo haqqon warzuqnat tibaa’ahu, wa arinal bathila bathilan warzuqnaj tinaabahu – Ya Allah tunjukkanlah kepada kami yang benar itu benar dan bantulah kami untuk mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami yang batil itu batil dan bantulah kami untuk menjauhinya.” Maka harus jelas antara yang Haq dan Batil. Contoh seorang yang mendapat Furqan Adalah Umar Bin Khattab, makanya ia mendapatkan gelar Al-Faruq. Umar adalah sosok yang Cerdas, Tegas dan Jagoan.

  1. Allah akan memberikan Keberkahan

“Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi” (Al-A’raf ayat 96)

Jika saja seluruh penduduk suatu negeri itu beriman dan bertaqwa, semua menjalankan perintah Allah berupa Puasa Ramadhan. Maka akan Allah bukakan keberkahan. Banyak dari kita yang tidak kaya, namun hidup terasa cukup. Ingin beli motor bisa, ingin menyekolahkan anak mampu, Maka itulah yang namanya keberkahan.

  1. Allah akan memberi Solusi dari setiap Masalah

Ada seorang pemuda di Tokyo yang suntuk pikiranya dan ingin curhat, tapi tidak ada yang mau mendengar, tidak ada teman yang mau mendengarkan curhatnya. Akhirnya pemuda itu setres dan emosi, dia keluarkan samurai yang dia punya untuk melukai orang-orang yang ada disekelilingnya. Maka hal semacam itu tidak akan terjadi didalam Islam, Setiap orang yang berpuasa akan diberikan Allah solusi dari setiap permasalahan yang menimpnya.

  1. Allah akan Memudahkan setiap Urusan

Pernahkah kita merasakan permasalahan yang begitu berbelit-belit, setiap menghadapi sesuatu pasti rumit dan menjengkelkan. Maka hal-hal seperti itu akan dimudahkan oleh Allah ketika kita berpuasa. Ketika kuliah lancar, ingin melamar kerja mudah, melamar pasangan diterima, dll. Apa yang tidak bisa bagi Allah, mengubah api yang panas menjadi sejuk pun bisa, menghidupkan orang mati menjadi hidup saja bisa, apalagi memudahkan urusan-urusan kita.

  1. Allah akan memberikan Rezeki dengan cara yang tidak diduga-duga
BACA JUGA :  Moderasi Beragama, Titik balik kesuksesan Dakwah Islam

Rizki bukan hanya sebatas harta, Rizki bisa berbentuk kesehatan atau kebaikan-kebaikan lain. Mungkin kita mempunyai pengalaman masing-masing tentang perihal rezeki ini. Jika penulis pribadi pernah suatu ketika merasakan hal ini. Kisah ini terjadi ketika Mondok di Darul Arqam Patean, saat itu saya kelas 2 MTs, dan ketika itu kebetulan saya Puasa (Bukan Puasa Ramadhan). Karena berpuasa, siang itu saya tampak lelah dan lemas, ketika keluar dari kelas ada yang memanggil saya, dan ternyata adalah kakek saya, ditahun itu ada kumpulan Haji di Pondok. Kakek dengan seketika melihat saya lemas mungkin kasihan atau tak tega, beliau memberi saya uang. Teman kakek yang ia orang kaya melihat kakek bersama cucunya, yaitu saya menghampiri dan bertanya, “siapa pak Haji?” Dan kakek menjawab, Putu (Cucu). Lalu beliau juga mengeluarkan dompet dan memberi saya uang dengan pesan. “Walau di pondok jangan lesu, ini tak kasih sanggu untuk makan enak, biar sehat. Saya pun tersenyum gembira.