Beranda Dinamika Amal Usaha Jum’at Berkah, Mahasiswa Prodi Gizi STIKES Muhammaadiyah Kendal Bagikan Nasi Kotak

Jum’at Berkah, Mahasiswa Prodi Gizi STIKES Muhammaadiyah Kendal Bagikan Nasi Kotak

0
41 views
NASI KOTAK. Penanggungjawab program Jumat Berkah mahasiswa Prodi Ilmu Gizi, Dyah Eka memberikan nasi kotak kepada Kaspan, tukang sampah. (foto dok fur)

KENDALMU.COM | KENDAL. Jajaran mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Gizi STIKES Muhammadiyah Kendal membagikan nasi kotak kepada abang becak dan masyarakat sekitar. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud kepekaan sosial juga praktek membuat menu masakan yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Penanggung jawab konsumsi program Jum’at Berkah Prodi Ilmu Gizi, Dyah Eka mengatakan program Jum’at berkah sudah berjalan satu bulan.

“Bentuk kegiatannya adalah membagikan nasi kotak dengan jumlah 30 dos setiap hari Jum’at, juga infaq uang yang diserahkan kepada Takmir Masjid Mujahidin Kendal” kata Dyah pada Jum’at (26/3) ketika ditemui di sela-sela pemberian nasi kotak kepada salah satu tukang sampah, Kaspan (65).

Dalam prakteknya, kata Dyah memilih salah satu diantara dua cara, yakni memasak sendiri atau pesan di rumah makan yang terjangkau.

“Untuk jum’at berkah biasanya kami sering pesan di rumah makan karena sifatnya rutin dengan harga Rp 10.000; per porsi dan kami menyiapkan kotak nasinya, tentunya mengandung nilai gizi yang cukup dan seimbang, kecuali apabila ada acara-acara kampus kami mahasiswa gizi memasak sendiri” ungkapnya.

Terkait pendanaan yang dikumpulkan menurutnya adalah hasil infaq dari para dosen dan pegawai di lingkungan STIKES Muhammadiyah serta para donatur di luar institusi.

Dyah menjelaskan, pemberian nasi kotak sebagai salah satu praktek nyata kompetensi ilmu gizi dan diharapkan mereka menerima manfaat.

“Sebagai mahasiswa ilmu gizi dituntut menguasai substansi dan keterampilan dalam bidang gizi sehingga kami mampu mengidentifikasi, memahami, dan merumuskan cara menyelesaikan masalah gizi”.

Dia berharap dengan program Jum’at Berkah aktifitas pengabdian kepada masyarakat dapat berkembang dan ditingkatkan.

Sementara itu salah satu penerima nasi kotak Jum’at Berkah, Kaspan mengatakan merasa senang menerima nasi kotak di hari Jum’at.

BACA JUGA :  Yusuf Darmawan, Salah Satu Dari 27 Tokoh Yang Menerima Apresiasi PWI Kendal

“Matur nuwun sanget.Niki berkah kangge kulo diparingi nasi kotak” kata Kaspan warga Kelurahan Langenharjo RT 02/RW 02 Kota Kendal.

Bagi lelaki yang kesehariannya sebagai tukang sampah di lingkungan gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah menerima nasi kotak memiliki keberkahan tersendiri.

“Kulo mboten tukang sampah mawon, tapi ugi mbantu asah-asah” ujarnya.

Dia berharap dengan membersihkan sampah-sampah yang ada di lingkungan gedung dakwah, kondisi lingkungan tempat bekerja menjadi bersih, sehat dan asri. (fur)