Kegiatan Market Day, Bekal Siswa-Siswi SD Muhammadiyah Purin Menuju Pengusaha Sukses

0
166 views
MARKET DAY. Belajar membuat produk dan menjualnya sebagai usaha membangun jiwa berwirausaha seperi yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah Purin (foto dok fur)

KENDALMU.COM | PURIN. Masa depan peserta didik salah satunya ditentukan oleh pengalaman lapangan untuk dipraktekkan di dunia usaha ketika mereka beranjak dewasa, dan salah satu ikhtiar yang perlu dilakukan adalah menanamkan jiwa entrepreneurship, karena menjadi seorang intrepreneur merupakan salah satu langkah untuk mencapai sebuah kesuksesan.

SD Muhammadiyah Purin, Patebon, Kendal, dalam menanamkan jiwa pengusaha melalui praktek langsung, yakni market day, sebuah aktivitas pembelajaran enterpreneur, di mana anak-anak diajarkan bagaimana memasarkan produk kepada teman, guru atau pun kepada pihak luar.

“Ini kegiatan market day yang pertama kami lakukan, memasarkan hasil produk lewat pengajian Ahad pagi” kata Kepala SD Muhammadiyah Purin, Ahmad Sofi Irwanto usai pengajian Ahad pagi (31/10) di halaman SD setempat.

Anak-anak jualan di sekolah, kata Sofi, sebagai latihan dalam berwirausaha, dan diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan soft skill di bidang kewirausahaan.

Dalam pelaksanaan market day, lanjutnya, siswa-siswi yang ditunjuk menampilkan hasil produknya untuk dijual melalui pengajian Ahad pagi.

“Setiap meja dijaga oleh satu atau dua anak berperan sebagai penjual, didampingi oleh guru kelas. Tampilan setiap meja cukup menarik dengan produk yang dijajakan, dan jenisnya adalah makanan ringan seperti kue basah, kue kering, buah, dan minuman ringan, ada juga botok bandeng” jelasnya.

“Meskipun ini market day yang pertama dan berlangsung hanya setengah hari, siswa mendapat pengalaman baru atau kesan yang berharga, maka kita perlu memberi apresiasi” imbuhnya.

Acara pengajian Ahad pagi sebagai media jualan anak-anak, diharapkan para anggota jamaahnya bisa mampir di arena market day untuk membeli oleh-oleh produk dari anak-anak untuk dibawa pulang.

Diketahui, SD Muhammadiyah Purin berdiri tahun 2010. Dalam perkembangannya, jumlah peserta didik tahun ajaran 2021/2022 mencapai 410 siswa  dengan 17 rombongan belajar (rombel).

BACA JUGA :  Izin Pendirian RSA Tlahab Sudah Turun, Inilah Langkah Selanjutnya..

Selama pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar, termasuk kurikuler tidak bisa berjalan secara normal

“Maka memasuki new normal dalam menjalankan aktivitas di sekolahan, kami memberlakukan seperti biasa namun dengan menerapkan protokol kesehatan” terang Sofi.

Disebutkan ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah, seperti olah raga TSPM, taekwondo, manasik haji, HW, karawitan, dan musik, dengan program unggulan tahfidz Al qur’an dan gelar prestasi. (fur)