Home Berita Kembali, KOKAM Kendal Gelontorkan Air Bersih Ke Warga

Kembali, KOKAM Kendal Gelontorkan Air Bersih Ke Warga

0
2 views
TANGKI AIR. Satu tangki mobil air bersih kapasitas tujuh ribu liter digelontorkan untuk warga ( foto dok. dyah)

KENDALMU.COM | KENDAL. Setelah PDPM Kendal melalui Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Markas Daerah (MARDA) Kendal sukses menggelontorkan kurang lebih 30.000 liter air bersih kepada warga di Kecamatan Plantungan, Sukorejo dan Pegandon, kini organisasi sayap Muhammadiyah Kendal tersebut kembali menggelontorkan 7000 air bersih untuk warga dukuh Krajan RT 001/RW 001 desa Puguh, Kecamatan Pegandon, Kendal. Bantuan tersebut terlaksana atas kerjasama KOKAM MARDA Kendal dengan Ikatan Alumni SMP N 3 Kendal tahun 1988.

Ketua alumni SMP N 3 (Spega 88) Kendal, Sarjono, mengatakan, kepedulian alumni Spega kepada warga yang mengalami kekeringan kami wujudkan dalam bentuk bantuan air bersih.

“Air bersih di saat kemarau panjang di tahun ini sangat dibutuhkan oleh warga yang mengalami kekeringan dan kesulitan memperoleh air bersih” ucap Sarjono di sela-sela memberi bantuan air bersih di desa Puguh, Pegandon pada Sabtu (9/11/19)
Dijelaskan olehnya, bahwa alumni Spega memahami kebutuhan dan pentingnya air bersih di musim kemarau panjang untuk keluarga.

“Alhamdulillah Spega juga bekerja sama dengan KOKAM Marda Kendal. Bentuk kerja sama yang kami sepakati adalah pihak Spega menyediakan satu tangki air bersih dengan kapasitas tujuh ribu liter, sedangkan Kokam sebagai tenaga yang bertugas memilih daerah, desa yang benar-benar mengalami kekeringan dan memburtuhkan air bersih serta tenaga operasionalnya” jelasnya.

Sarjono dan seluruh alumni Spega berharap bantuan air bersih kepada warga Krajan desa Puguh bisa memberi manfaat, terutama disaat kekeringan masih berlangsung.
Sedangkan ketua RT setempat, Sugeng Aslah mengatakan, bantuan air bersih dari Spega 88 Kendal sangat bermanfaat untuk warga kami.

“Di saat kekeringan yang berkepanjangan, warga Krajan dengan jumlah 30 kepala keluarga sangat membuhkan bantuan air bersih, dan Alhamdulillah apa yang diharapkan dapat terwujud” katanya.

BACA JUGA :  STIKES Muhammadiyah Kendal Gelar Wisuda ke-22

Terpisah, hal yang sama juga dilakukan oleh KOKAM MARDA Kendal, menyalurkan bantuan air bersih di RT 09/RW 10 desa Ngargosari, Sukorejo. Bantuan tersebut kerja sama antara KOKAM dengan alumni SMP N 2 Weleri tahun 1998.

Ketua alumni SMP N 2 Weleri, Shinta, merasa prihatin kepada warga yang dilanda kekeringan berkepanjangan. “Keprihatinan itu kami sampaikan kepada anggota alumni SMP N 2 Weleri dan diharapkan merasa terpanggil untuk bisa membantu dengan mengusahakan air bersih yang sangat dibutuhkan” ujarnya.

Distribusi bantuan air bersih dalam acara Bhakti Sosial Alumni 98 SMP Negeri 2 Weleri (foto dok. dyah)

“Dan alhamdulillah teman-teman alumni merasa terpanggil” lanjut Shinta.
Beliau menjelaskan, bahwa penyaluran air bersih ke desa Ngargosari berkat kerja sama dengan KOKAM MARDA Kendal yang dinilai profesional, dan berpengalaman dalam menyalurkan air bersih ke warga.

“Data yang kami peroleh sebanyak 60 KK yang merasa kekurangan air bersih, maka untuk mencukupi kebutuhan air bersih kami mengirim 14.000 liter dengan dua tangki yang dikawal dan dibantu sepenuhnya oleh tenaga dari Kokam” bebernya.
Komandan Kokam Marda Kendal, Budiyono, mengatakan, organisasi yang dipimpinnya telah bekerja sama dengan berbagai pihak terkait dengan distribusi air bersih kepada warga yang sangat membutuhkan.

“Musim kemarau berkepanjangan membuat keprihatinan kami, maka upaya yang Kokam lakukan adalah bekerja sama dengan lembaga atau organisasi yang peduli dengan kemarau panjang ini dalam bentuk menyediakan air bersih untuk kebutuhan warga. Adapun peran Kokam dalam bantuan air bersih adalah mengawal datangnya mobil tangki air minum dan mendistribusikan langsung kepada warga” kata Budiyono usai mengikuti upacara hari Pahlawan ahad (10/11) di alun-alun Kota Kendal.

“Dalam distribusi air bersih kami juga melibatkan pihak Babinsa dan Satuan Polsek dan Koramil setempat” pungkasnya.
Beliau memahami peran Kokam tidak sebatas untuk kepentingan persyarikatan, seperti pengamanan aset, pengamanan setiap kegitan, tetapi untuk kepentingan masyarakat umum kami juga tampil dan melayani sesuai kemampuan. (dyah)

BACA JUGA :  Muhammadiyah Gelar Tanwir Via Daring Juli 2020

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here