Ketua DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah Sambangi SLB Surya Gemilang Limbangan

0
78 views
POSE BERSAMA. . Jajaran DP3AP2KB Jteng bersama Pembina SLB Muhammadiyah Jateng, H. Widadi (batik tengah), Kepala Kantor Majelis Dikdasmen PDM Kendal dan Bendahara Majelis Dikdasmen PDM Kendal (Sulis Mardiyono, dan Moh. Fattah), Kepala SLB 'Surya Gemilang' H. Kuncoro (paling kiri) berpose bersama anak-anak SLB Surya Gemilang (foto dok sulis)

KENDALMU.COM | LIMBANGAN. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendduduk, dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah, Retno Sudewi menyambangi Sekolah Luar Biasa (SLB) Surya Gemilang Limbangan pada Senin pagi (23/11).

Beliau hadir didampingi oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak, Pratiwi Mumpuni, dan Kepala Seksi Perlindungan Anak, Isti Ilma Patriani.

Dikatakan oleh Retno, bahwa anak-anak SLB Surya Bangsa Muhammadiyah Limbangan adalah aset bangsa yang tidak boleh kita biarkan.

“Dalam pembinaan dan pendampingan Anak-anak Berkebutuhan Khusus (ABK) diperlukan kolaborasi dengan beberapa instansi pemerintah dan pihak swasta” kata Retno.

Menurutnya, beberpa pihak yang perlu terlibat dalam pendampingan ABK selain DP3AP2KB, adalah seperti dinas kesehatan, pendidikan, tenaga kerja.

“Kita juga perlu menggandeng unsur pengusaha, komunitas, dan media” imbuhnya.
Retno berharap, kunjungannya dalam rangka pembinaan dan pendampingan sebagai ikhtiar bersama untuk menyelamatkan aset bangsa tersebut.

Sementara itu Pembina SLB Muhammadiyah Jawa Tengah, H. Widadi, mengatakan, perlu membantu memberdayakan saudara-saudara kita yang menerima ujian berat dari Allah secara gotong royong atau ta’awun.

“Kami berbahagia saat ini bentuk ta’awun dapat dirasakan, karena negara melalui DP3AP2KB telah hadir di lembaga swasta, SLB Muhammadiyah Surya Gemilang” kata Widadi.

Beliau berharap, bentuk gotong royong itu dapat terjadi proses sinergi, dalam agama disebut ta’awun yang dapat mengangkat harkat dan martabat anak-anak berkebutuhan khusus.

“Dan semoga mereka mendapat perlakuan yang tidak berbeda dengan masyarakat umum, termasuk dalam memperoleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah” ujarnya.

KETRAMPILAN. Salah satu ketrampilan anak-anak SLB Surya Gemilang Limbangan adalah menjahit sedang disaksikan oleh para tamu (foto dok sulis)

Menurutnya, kalau mau memperjuangkan anak-anak seperti ini akan menempuh jalur terjal. Dalam kontek sejarah, jalur aqabah menurut Widadi adalah jalan terjal yang harus ditempuh untuk mencapai puncaknya dan terjadi perjanjian yang kita sebut dengan bai’at aqabah.

BACA JUGA :  M. Nurul Huda : IPM Harus Mengikuti Zaman, Bukan Malah Tereliminasi Oleh Zaman

“Artinya, pembinaan dan pendampingan ABK dibutuhkan kesungguhan dan kesabaran yang luar biasa”

“Kalau menangani dunia anak berkebutuhan khusus didasarkan pada materi, provit, maka tidak akan sanggup menghadapi jalur aqabah” ungkapnya.

“Namanya saja Sekolah Luar Biasa, tidak semua orang sanggup menghadapinya dengan susah dan kesabaran yang mendalam”.

Menghadapi dunia aqabah, menurut Widadi, tidak berbeda dengan mereka yang bersedia mendampingi, membimbing, dan menjaga ABK sampai bisa mandiri.

“Mereka harus bersedia mewakafkan, waktu, tenaga dan pikiran dengan luar biasa” ujarnya.

Sedangkan Bendahara Majelis Dikdasmen PDM Kendal, H. Moh. Fattah, mengatakan, Muhammadiyah Kendal sampai saat ini sudah memiliki 2 SLB, yaitu Surya Bangsa Sukorejo dan Surya Gemilang Limbangan.

“Dalam pekembangannya, kami menilai SLB Surya Gemilang lebih maju dibandingkan dengan Surya Bangsa, terbukti status akrediatas sudah dimilki dan kegiatan selama pandemi dengan protokol kesehatn juga berjalan dengan baik”

Beliau menjelaskan dalam pembinaan dan pendampingan di SLB terdapat tiga hal yang harus difahami.

“Ketiganya, yaitu man, monay, dan materi” kata Fattah.

Dikatakannya, man, tenaga atau SDM yang terlibat merupakan tanggung jawab dibawah Majleis Dikdasmen Kendal, sedangkan money tanggung jawab Muhammadiyah, adapun materi tanggung jawab Majelis Dikdasmen PWM Jateng” pungkasnya. (fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here