Ketua IDI Kendal Dikukuhkan Sebagai Direktur RSUDI Kaliwungu

0
0 views
KEBERSAMAAN. Kebersamaan direktur RSU Muh Kaliwungu, RSI PKU Muh Boja, PDM dan MPKU PDM Kendal (foto dok gofur)

KENDALMU.COM | KALIWUNGU. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kendal, dr. Rokhmat dilantik sebagai direktur Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Darul Istiqomah (RSUDI) Kaliwungu, menggantikan dr. Fanny Arditunggal Hakim yang telah habis masa jabatannya. Sebelum purna tugas sebagai ASN, dr Rokhmat juga pernah menjabat sebagai wakil direktur pelayanan medik RSUD dr H Soewondo Kendal.

Beliau dilantik bersama dr Hanif Furkon sebagai direktur RSI PKU Muhammadiyah Boja.

Mereka berdua dilantik oleh ketua PDM Kendal, KH. Muslim pada Ahad pagi (5/1) di gedung balai dakwah Muhammadiyah Kaliwungu.

Muslim mengingatkan kepada kedua direktur tersebut agar memahami bahwa Muhammadiyah mendirikan Amal Usaha Kesehatan sebagai lahan dakwah.

“Setiap rumah sakit yang didirikan oleh Muhammadiyah sebagai sarana dakwah di bidang kesehatan” kata Muslim. Menyehatkan masyarakat dari sakit menjadi sehat, menurutnya, mendapat pahala. Selain itu beliau meminta kepada direktur untuk menjadikan rumah sakit yang dipimpinnya berkemajuan, yaitu layanan rumah sakit yang unggul dan Islami.

Sekretaris Majelis Pembina Kesehatn Umum (MPKU) PDM Kendal, H. Muntoha, menyampaikan, untuk menuju RSDI yang berkualitas, dibutuhkan direktur yang bisa bekerja keras sesuai dengan tuntutan zaman di bidang kesehatan.

“Sudah saatnya seluruh Rumah Sakit Muhammadiyah beradaptasi menghadapi era industri 4.0, termasuk RSDI Kaliwungu” kata Muntoha.

Menurutnya, manajemen rumah sakit Muhammadiyah harus didorong utuk melakukan perubahan serta inovasi di segala bidang untuk merespon tuntutan dan kebutuhan konsumen di masa yang akan datang.

“Dan dr. Rokhmat kami nilai mampu melakukan perubahan-perubahan itu melalui peningkatan kinerja dan memberdayakan SDM yang ada di lingkungan RSDI Kaliwungu” harapnya.

ISTRI. Dua Direktur, dr. Rokhmat dan dr Hanif Furkon, MH,Kes didampingi istri masing-masing saat membaca pakta integritas direktur Rumah Sakit Muhammadiyah. (foto dok gofur)

Sedangkan ketua Majelis Pembina Kesehatn Umum (MPKU) PWM Jawa Tengah, dr. Ibnu Naser Arrohimi, merasa yakin dengan pengalaman kepemimpinan dr. Rokhmat sebagai ketua IDI di Kendal.

BACA JUGA :  Semarakkan Milad Ke-24, RSI Muhammadiyah Kendal Selenggarakan Seminar Evakuasi, Rujukan, Bantuan Hidup Dasar

“Kami yakin perjalanan RSDI Kaliwungu makin tertata dan bisa melejit dengan baik.” katanya. Sedangkan untuk direktur RS PKU Muhammadiyah Boja dinilai oleh beliau masih muda, dan diharapkan juga ikut segera melakukan kinerja yang maksimal.

“Usia muda atau tua bukan ditentukan hitam atau putihnya rambut” ujar Naser.

Terkait dengan keberadaan RS PKU Muhammadiyah Boja yang mengalami pasang surut, beliau meminta kepada direktur baru untuk segera memproses pendiriannya yang dilandasi dengan semangat beribadah.

Ibnu Naser juga menyampaikan, Kendal memiliki 4 amal usaha kesehatan Muhammadiyah yang salah satunya RSI PKU Muhammadiyah Boja diharapkan bulan Agustus sudah berdiri resmi.

“Di Jawa Tengah terdapat 46 rumah sakit Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Kendal peringkat setelah Kebumen dan Klaten. Jumlah yang melebihi rumah sakit milik pemerintah dan itu terbanyak di Indonesia” ungkapnya.

Rumah sakit milik Muhammadiyan sebanyak itu, menurutnya, didirikan tidak karena dibantu oleh pimpinan yang ada di atasnya.

“Pimpinan Pusat, Wilayah, Daerah tidak pernah membantu untuk mendirikan rumah sakit, tetapi rumah sakit Muhammadiyah dapat berdiri karena semangat ummat dalam berinfaq” ungkapnya lagi.

Ibnu Naser mengatakan, motivasi warga Muhammadiyah dalam berinfaq karena terdorong oleh 2 hal, yaitu rizki dari Allah yang dinfaqkan di jalanNya, dan diantarkannya menuju gerbang pintu jannatun naim.

Hadir dalam kegiatan pelantikan direktur rumah sakit Muhamamdiyah antara lain, warga Muhammadiyah, Dinkes Kendal, kepala Puskesmas se eks Kawedanan Kaliwungu, jajaran Forkompicab Kaliwungu, PDM Kendal, dan PCM setempat. (fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here