Klinik Pratama Syifa’ Annisa’ Laksanakan Visitasi

0
47 views
PENJELASAN. Kepala Klinik Pratama Syifa Annisa, dr Arya Bima memberi penjelasan kepada tim visitasi dari Dinkes Kab.Kendal (foto dok upik)

KENDALMU.COM | LIMBANGAN. Tim Dinas Kesehatan Kab. Kendal melakukan visitasi ke salah satu Amal Usaha Muhammadiyah bidang Kesehatan (AUMKes), Klinik Pratama (KP) Syifa’ Annisa’ Limbangan. Kedatangan Tim Dinas Kesehatan pada Senin (9/11) tersebut dalam rangka survei izin operasional Klinik Pratama Syifa’ Annisa’

Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum Pimpinan Cabang Muhammadiyah (MPKUPCM) Limbangan, H. Kuncoro, menyampaikan, selamat datang Tim dari Dinas Kesehatan Kab. Kendal.

Beliau juga melaporkan crash program Klinik Pratama Syifa Annisa’ sebelum pelaksanaan visitasi.

“Terdapat beberapa kegiatan yang telah laksanakan yang semuanya itu sebagai persiapan menghadapi visitasi” kata kuncoro.

Adapun yang dipersiapkan, menurut beliau, antara lain bidang administrasi, sumber daya manusia, peralatan medis, dan obat-obatan.

Kuncoro berharap, visitasi ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga apa yang menjadi tujuan, yaitu ijin operasional dapat kami peroleh.

KOORDINASI. Tim visitasi dari Dinkes Kab. Kendal melakukan koordinasi dengan pihak pemilik Klinik Pratama Syifa Annisa (foto dok upik)

Sementara itu Kepala KP Syifa’ Annisa’, dr Arfa Bima, mengatakan, visitasi dimaksudkan untuk men cross check kembali kelayakan klinik baik dari segi administratif, fisik, apotek serta kesehatan lingkungannya.

“Visitasi ini untuk mengetahui kebenaran dengan melihat langsung kondisi riil yang ada di Klinik Pratama Syifa’ Annisa Limbangan dan menilainya” kata Arfa.

Adapun yang divisitasi menurut beliau, yaitu ruang pendaftaran/ruang tunggu, ruang konsultasi, ruang administrasi, ruang  obat  dan  bahan  habis  pakai  untuk  klinik  yang melaksanakan pelayanan farmasi, ruang tindakan, ruang/pojok ASI, kamar mandi/wc; dan ruangan lainnya sesuai kebutuhan pelayanan.

Arfa Bima berharap dengan visitasi ini tentu Klinik Pratama Syifa Annisa’ segera memperoleh ijin operasional dari Dinas Kesehatan.

“Karena Izin operasional adalah hal yang paling penting bagi sarana kesehatan dikarenakan menyangkut dengan keseluruhan legalitas proses pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat” jelasnya.

BACA JUGA :  MPS PCM Rowosari Bagikan Bantuan Paket Peralatan Sekolah untuk Anak Yatim & Dhuafa
POSE BERSAMA. Usai visitasi Klinik Pratama Muhammadiyah Syifa Annisa Limbangan foto bersama Tim Dinkes Kab Kendal, Ketia MPKU PCM Limbangan, dan Kepala KP Syifa’ Annisa, dr Arya Bima. (foto dok upik)

Terpisah, Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PDM Kendal, H. Taufik Husein, menyampaikan, di komplek amal usaha Muhammadiyah Limbangan terdiri tiga AUM, yaitu, Klinik Pratama Syifa’ Annisa’, SMP Muhammadiyah 8 dan SLB Surya Gemilang.

“Kolaborasi antara pendidikan dan kesehatan yang ada di komplek Muhammadiyah Limbangan untuk menciptakan masyarakat unggul, apapun kondisi psikis bentuk manusia yang ada di situ” kata Taufik.

Beliau menjelaskan, setiap manusia diberi kesempatan yang sama oleh Allah sekalipun itu manusia difabel.

“Tetapi derajat kesehatan menjadi pilar utama untuk kita wujudkan, sehingga secara fisik terlihat sehat” ujarnya.

Selaku ketua MPKU, Taufiq memahami keluhan terkait jasa pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum muncul kepermukaan publik.

“Namun, masih sedikit dari warga difabel yang mendapatkan diskriminasi akses layanan berani bersuara”

Taufik menerangkan, bagi seorang difabel, melontarkan keluhan terkait akses layanan umum, memang membutuhkan nyali dan keberanian besar. Meski berniat untuk mengupayakan perubahan layanan ke arah yang lebih baik, masih saja kurang mendapatkan tanggapan serius.

“Maka kami berharap dengan mendapat ijin operasional, Klinik Pratama Syifa’ Annisa’ nantinya dapat melayani seluruh masyarakat dengan maksimal sesuai ketentuan tanpa membedakan status sosial” tutupnya. (fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here