Beranda Dinamika Kreatifitas Pemuda Muhammadiyah Weleri, Bikin Film Sejarah PKO

Kreatifitas Pemuda Muhammadiyah Weleri, Bikin Film Sejarah PKO

0
315 views
RIAS. Pemeran K.H. Ahmad Dahlan dalam Film PKO saat dirias. (foto dok. kultum sinema)

KENDALMU.COM | WELERI. Bukan pemuda namanya jika tidak kreatif. Seperti yang dilakukan Pemuda Muhammadiyah di Weleri ini. Guna mewadahi potensi anak muda, khususnya di bidang seni peran, Pemuda Muhammadiyah Weleri bergiat dalam produksi film bertema sejarah Muhammadiyah.

Setelah sukses dengan film pertama berjudul “Boleh Koma Jangan Titik” beberapa waktu lalu, kali ini Pemuda Muhammadiyah Weleri melalui komunitas Kultum Sinema akan segera merilis film yang mengangkat sejarah berdirinya Penolong Kesengsaraan Oemoem (PKO).

Ditemui usai pengambilan scene terakhir di Banaran, Sukorejo, Ahad (28/02) Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Weleri, Abdul Malik mengatakan, bahwa pembuatan film tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan sejarah Muhammadiyah kepada generasi.

“Di mana pada era saat ini melihat film lebih digemari dibandingkan hanya mendengar cerita atau sekadar membaca buku,” pungkasnya yang juga pemeran Kyai Suja’ yang menjadi inisiator pendirian Armen Huis Muhammadiyah, poliklinik yang pada perkembangannya menjadi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

Melalui film ini, harap Malik, belajar sejarah Muhammadiyah tidak lagi menyusahkan, karena sudah bisa melalui film-film yang diproduksi oleh kader.

Dalam proses produksinya, film sejarah PKO tersebut membutuhkan waktu satu tahun, dengan pengambilan adegan sebanyak 15 scene di 12 lokasi.

Sutradara Kultum Sinema, Sani Rahman mengungkap bahwa film sejarah PKO ingin menggambarkan semangat menjunjung tinggi ketaqwaan serta semangat ikhtiar dari pendahulu-pendahulu Muhammadiyah. Mudah-mudahan, lanjut Sani, Maret sudah bisa tayang. (rifqi)

BACA JUGA :  Aksi Spontan Ibu-Ibu PRA Sambongsari, Hadapi Covid-19 Dengan Mendirikan Warung Shadaqah Lauk Pauk