Lakukan Konpida Secara Daring, PD IPM Kendal Terapkan Konsep Hybrid

0
82 views
DARING. Sambutan Ketua Umum PW IPM Jawa Tengah memalui zoom. ( foto dok. joe)

KENDALMU.COM | KENDAL.  Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kendal laksanakan Konferensi Pimpinan Daerah (Konpida) secara daring pada Jum’at (30/10) di Aula Gedung Muhammadiyah Kendal. Langkah tersebut diambil sebagai solusi agar tetap bisa berkegiatan di tengah pandemi.

Ketua Panitia, Hamzah Nur Hasan menjelaskan bahwa konsep yang diterapkan pada Konpida daring ini adalah menggunakan konsep hybrid, yakni campuran antara daring dan luring. Maksudnya pelaksanaan dilakukan daring namun secara teknis para peserta dibagi dan dikumpulkan secara terbatas dibeberapa tempat di enam titik, yakni di Weleri, Sukorejo, Kendal, Kaliwungu dan Boja.

“Sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan Pimpinan Cabang dan Ranting untuk pelaksanaan Konpida ini, ada dimana saja tempatnya dan bagaimana teknis pelaksanaannya”, katanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Umum PD IPM Kendal, Keniya Adikaputri saat ditemui oleh kendalmu.com di lokasi. Menurutnya konsep hybrid ini adalah solusi sebagai penyesuaian agar tetap bisa melaksanakan kegiatan meski sedang dilanda pandemi.

“Momentum Konpida ini merupakan kegiatan rutin setiap tengah periode guna mengevaluasi kinerja PD IPM selama setengah periode ini, jadi kami harus bermanuver menyesuaikan diri menghadapi pandemi agar kegiatan harus di adakan apapun caranya”, jelas Keniya.

PESERTA. 59 Peserta di 5 tempat mendengarkan sambutan dari Ketua Umum PW IPM Jateng melalui zoom. (foto dok. joe)

Sementara itu, melalui video teleconference Ketua Umum Pimpinan Wilayah (PW) IPM Jawa Tengah, Muhammad Nurul Huda menyampaikan apresiasi kepada PD IPM Kendal yang telah mampu menyelenggarakan Konpida dengan konsep hybrid. Menurutnya hal itu adalah solusi alternatif ketika tidak bisa datang untuk berkerumun dalam jumlah yang banyak.

“Saya kira ini adalah solusi dan alternatif ketika tidak bisa datang untuk berkerumun dalam jumlah masa yang banyak kita dapat berkumpul melalui daring. Dan Ini belum di ikuti oleh teman-teman pimpinan daerah yang lain. Maka dari itu saya juga menyampaikan apresiasi bagi teman-teman PD IPM Kabupaten Kendal yang sudah menyelenggarakan ini”, kata Huda.

BACA JUGA :  Usai Sillaturrahmi, Lazismu Kendal Sambangi Angkringanmu PCPM Plantungan

Huda berharap hal-hal seperti inilah yang seharusnya menjadi ciri ataupun identitas IPM. Bagaimanapun keadaannya IPM harus bisa memberikan solusi dan juga alternatif. Dan menurut Huda, PD IPM Kabupaten Kendal dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan menyelenggarakan konpida secara hybrid.

Turut hadir pula Wakil Ketua Pimimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal, H. Yusuf Darmawan melalui pesan video yang disampaikan kepada 60 peserta yang mengikuti Konpida. Beliau menyampaikan pesan fundamentalis untuk kemajuan pimpinan IPM Kendal agar semakin maju dan terus berbenah.

“Untuk menjadi seorang pimpinan itu harus memiliki sifat yang adaptif, fleksibel, konseptual, dan berani mengambil peran. Anak IPM tidak boleh ingah-ingih harus mampu memahami visi organisasi dan mampu keluar dari zona nyaman”, tandasnya. (joe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here