Lazismu Kendal Kucurkan Rp 100.000.000; Untuk Program Beasiswa Kedokteran

0
61 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Lazismu Daerak Kendal mengucurkan dana beasiswa kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogjakarta (UMY) atas nama Muhammad Mumtazi Al Jawi. Beasiswa sebesar Rp 100.000.000 tersebut diserahkan secara simbolis usai penanda tanganan surat kesepakatan bersama antara Lazismu dengan Majelis Dikdasmen PDM Kendal pada Rabu (25/8) di Kendal.

Wakil Ketua Badan Pengurus (BP) Lazismu Daerah Kendal, Widi Mulyanta mengatakan Lazismu tasyarufnya sudah saatnya berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dengan prosentasi 50 persen.

“Salah satu wujud pemberdayaan masyarakat diantaranya adalah pemberian beasiswa kepada mahasiswa program studi kedokteran” kata Widi.

Dikatakan, tasyaruf selanjutnya 50 %  lagi diperuntukkan program sosial yang sifatnya santunan kemanusiaan.

Dia menjelaskan, Lazismu dalam menjalankan perannya sebagai penghimpun dana dan penyaluran dana zakat kepada majelis atau lembaga.

“Lazismu sebagai badan penghimpun dana, bukan sebagai pelaksana program, dan dalam pentasyarufannya bekerja sama dengan majelis dan lembaga”.

Widi Mulyanta meminta kepada Majelis Dikdasmen senantiasa menjaga program beasiswa kedokteran yang sekarang berjalan sehingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Ditambahkan, sampai saat ini di Jawa Tengah baru ada dua Lazismu Daerah yang melaksanakan program beasiswa untuk mahasiswa kedokteran, yaitu Grobogan dan Kendal.

Sementara itu Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kendal, Sugiri menyampaikan bentuk bantuan yang digulirkan melalui beasiswa sudah lama berjalan dan sekarang berpusat di Lazismu, dan diharapkan menuai hasil yang baik, jangan sampai gagal.

“Kegagalan pemberian beasiswa disebabkan penerima manfaat setelah lulus studi dan menjadi pegawai tidak menjadi pendukung Muhammadiyah, justru sebaliknya tidak simpatik dengan kita” kata Sugiri yang juga Ketua PCM Brangsong memberi contoh di cabangnya.

“Mereka yang menerima beasiswa dari kita dan digadang-gadang menjadi kader Muhammadiyah, justru membencinya” ungkap Sugiri.

BACA JUGA :  Ubah Mindset Guru yang Ingin Lebih Maju, SD Muhammadiyah Weleri Studi Banding ke SD Muhammmadiyah Al Kautsar Gumpang

Dia berharap ke depan program beasiswa sebagai upaya pengkaderan jangan sampai gagal dan membunuh kita.

Sebagaimana diketahui Muhammad Mumtazi Al Jawi adalah salah satu mahasiswa yang lolos seleksi beasiswa program studi kedokteran UMY tahun akademik 2021-2022. Adapun bentuk beasiswa yang diterima oleh alumni SMA Muhammadiyah 1 Weleri itu antara lain, bebas biaya studi sampai dengan lulus dokter, bantuan biaya hidup, dan bantuan biaya buku dan  bantuan biaya penelitian (tugas akhir). Sedangkan beasiswa dari Lazismu sebagai penunjang selama yang bersangkutan kuliah. (fur)