LSBO Siapkan Lomba Paduan Suara dan Short Movie

1
106 views
RAKOR. LSBO PDM Kendal menggelar Rakor persiapan lomba paduan suara dan short move. (foto dok fur)

KENDALMU.COM | WELERI. Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) PD Muhammadiyah Kendal merencanakan menyelenggarakan dua jenis lomba di bidang seni, yakni Paduan Suara (Padus) dan Short Movie atau Film Pendek.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua LSBO PDM Kendal, Agus Martono dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama jajarannya pada Selasa siang (7/9) di Pondhok Dhahar Kang Mulyo Weleri.

Kedua jenis lomba tersebut, kata Agus digelar dalam rangka menyambut Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang akan berlangsung pada bulan November 2022 di Surakarta.

“Kita sambut gelaran Muktamar ke 48 dengan lomba paduan suara dan film pendek dengan metode daring atau secara virtual” ujarnya.

Agus Martono menjelaskan, dipilihnya lomba paduan suara dan film pendek mewujudkan rencana program LSBO dengan tijuan agar warga Muhammadiyah lebih mengenal lagu-lagu Muhammadiyah dan teredukasi melalui tayangan short movie di era digital.

“Kita perlu menggali dan mengetahui potensi warga Muhammadiyah di bidang seni khususnya seni suara dan film sebagai media pengembangan bakat dan minat di dunia tarik suara, entertainment, dan media dakwah” jelas Agus.

Dia berharap melalui kedua lomba tersebut Muhammadiyah Kendal memiliki kelompok paduan suara yang lebih bagus dan munculnya sutradara, kameramen, dan pemeran film pendek yang profesional mengikuti trend saat ini tetapi tetap menjunjung tinggi moralitas.

Sementara itu ketua panitia lomba paduan suara, Hadi Pranoto mengatakan lomba paduan suara rencananya diikuti oleh peserta perwakilan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) di Kabupaten Kendal.

“Setiap tim paduan suara maksimal 20 orang terdiri dari 1 dirigen dan 1-4 pengiring musik, serta 10-15 orang vokalis” kata Hadi.

Adapun materi lomba paduan suara, lanjutnya setiap tim menampilkan lagu wajib, yaitu Mars Muhamamdiyah (Sang Surya) ciptaan Djarnawi Hadikoesoemo dan Derap Muktamar karya Eros Chandra Sheila On 7.

BACA JUGA :  Tiga Pesan Ustadz Zabidi Di Akhir Tahun. Apa Itu..?

“Setiap tim juga memilih salah satu lagu mars Ortom, Mars Aisyiyah, Mars Pemuda Muhammadiyah, Mars NA, Mars IPM atau Mars HW” imbuhnya

Sedangkan ketua panitia Short Movie Ary Prabowo menjelaskan tema umum film pendek ‘Kehadiran Muhammadiyah Untukmu Saudaraku’

“Dari tema tersebut peserta dipersilahkan memilih isi yang lebih spesifik, sesuai dengan tema tersebut” kata Ari.

Adapun teknik lomba, sambungnya film pendek dibuat dalam bentuk softcopy dengan format mp4, kualitas : HD, resolusi : 1280 x 720 px (kamera jenis apapun), dengan durasi : 5 – 8 menit termasuk opening dan credit title. (fur)