Majelis Dikdasmen Gelar Pelatihan Pembuatan NIB

0
25 views

KENDALMU.COM | KOTA KENDAL. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) pada setiap satuan pendidikan di lingkungan Dikdasmen. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Kepala SD/MI, SLTP/A Muhammadiyah se Kab. Kendal pada Selasa (1/8) di aula PDM Kendal.

Sekretaris Majelis Dikdasmen PDM Kendal, H. Inu Indarto, berharap, kegiatan ini bisa menjawab keresahan semua sekolah Muhammadiyah di Kendal bagaimana cara memperoleh NIB dan guru menghadapi Belajar Jarak Jauh (BJJ)

“Dalam kondisi Covid-19 betapa rasanya melakukan BJJ yang berjalan sekian lama” kata Inu.

Menurutnya, salah satu dampak BJJ adalah perasaan kangen guru kepada peserta didik yang biasanya pembelajaran dilakukan dengan tatap muka.

“Koyo ngene rasane wes sue ora ketemu murid” ujarnya, ‘pengen cepet-cepet tatap muka’ sambungnya.

Beliau berharap kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kendal bersedia memberi penjelasan, mengapa di Kendal masih menerapkan BJJ.

Sedangkan NIB menurutnya bisa diperoleh melalui pelatihan seperti hari ini yang diharapkan semua peserta mengikutinya dengan sebaik-baiknya.

“Pelatihan NIB satu hari ini harus selesai, nggak boleh pulang kalau NIBnya belum entuk (dapat)” harapnya.

“Kalau hari ini belum selesai, maka hari lain, tapi sudah dipastikan dapat NIB” imbuh Inu.

Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PWM Jateng, H. Martono, mengatakan, bahwa perijinan dengan sistem online akan mempermudah pelaku usaha terutama di bidang pendidikan untuk menjalankan kegiatannya.

“Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau disingkat OSS (Online Single Submission) sudah wajib dilaksanakan sejak bulan Juli 2018” ungkap Martono.

Dijelaskan, terdapat beberapa persyaratan yang harus dibawa ketika membuat SK AUM dan NIB.

BACA JUGA :  Kegiatan Donor Darah di Masjid Mujahidin, Muhammadiyah Kendal Bantu 70 Kantong Darah

“Syarat pengajuan SK AUM, menyiapkan email baru sebanyak 2, foto tampak depan bangunan, foto lobby bangunan, scan sertifikat tanah, scan sertifikat tanah pada halaman ukur, kok amal usaha, stempel PDM dan AUM, tanda tangan PDM dan pimpinan amal usaha” jelasnya.

Disampaikan juga syarat utama pembuatan NIB, yaitu memiliki NPWP dan akte pendirian yayasan atau SK AUM. (fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here