Home Dinamika Majelis Dikdasmen PWM Jateng Siap Gelar US Ismuba Berbasis Android

Majelis Dikdasmen PWM Jateng Siap Gelar US Ismuba Berbasis Android

0
3 views
Salah satu nara sumber pembimbing proktor SLTA Muhammadiyah menyampaikan materi (foto dok. ghofur)

KENDALMU.COM | WELERI. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, serba digital, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng melalui Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) mensikapinya dengan memanfaatkan sisi lain dari alat komunikasi, yaitu smartphone berbasis android sebagai alat bagi siswa untuk mengerjakan Ujian Sekolah (US) ciri khusus mata pelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan (Ismuba).Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi proktor/ahli IT SLTA Muhammadiyah se Jawa Tengah yang berlangsung di SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal pada Sabtu (15/2).

Sekretaris Majelis Dikdasmen PWM Jawa Tengah, Dr. H. Karnadi Hasan, M.Pd mengatakan, kegiatan diikuti oleh utusan dari SLTA Muhammadiyah se Jateng.

“Masing-masing daerah mengirim 3 guru sehingga ada 105 orang yang mengikuti kegiatan ini. Mereka nantinya kita beri tugas untuk mengelola server dan bertanggung jawab penuh menjaga kerahasiaan dan kualitas soal ujian supaya standarisasinya utuh” kata Karnadi.

“Para proktor yang akan menjadi leiding sektor dibekali tentang sukses Ujian Akhir Sekolah berbasis android. Mereka cakap secara teknis dan memahami betul tanggung jawab mengendalikan server, termasuk mengacak soal, serta menjaga mutu standarisasi kualitas soal”

Beliau menjelaskan, dari 105 peserta pelatihan terbagi dua kelompok, yaitu bimbingan teknis proktor, dan penyusunan soal ujian.

“Dalam bimbingan tenaga proktor implementasi ujian sekolah ciri khusus melalui dua metode, yaitu ceramah tentang pengaturan aplikasi web US, persiapan pengaturan server, topologi jaringan, tahapan sinkronisasi dan trouble shooting serta perangkat lainnya yang perlu dipersiapkan dan bagaimana cara mengoperasikannya” paparnya.

Keseriusan peserta dalam mengikuti pelatihan teknis proktor di SMK Muhammadiyah 3 Weleri (foto dok. ghofur)

Adapun metode kedua adalah praktek nyata, yaitu menyiapkan peralatan yang akan dipakai, kemudian diajarkan langsung, bagaimana cara menerima data dari server pusat dan memasukan data ke server sekolah dan selanjutnya mentransfer data tersebut ke smartphone siswa, melaporkan data jumlah peserta dan pelajaran parktek lainnya, begitu juga dengan teknisi diberikan tata cara kerja mengatasi hambatan hambatan yang terjadi ketika US sedang berlangsung.

BACA JUGA :  Raker MPKU PDM Kendal, Bedah Konsep Holding Company AUMKES

Adapun untuk kelompok penyusunan soal Ujian Akhir Semester (UAS) menurut Karnadi terdapat 12 guru terbaik Al Islam dan Kemuhammadiyahan dari SLTA, untuk diberi tugas menyusun kisi – kisi dan naskah soal.

“Naskah soal UAS dibuat dibuat satu paket untuk kelas 10 dan 11 yang meliputi aqidah/akhlaq, Al Quran/Hadits, tarikh, fiqih ibadah, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab”

Model UAS berbasis android merupakan kebijakan nasional dari PP Muhammadiyah yang dinilai menghemat dari sisi pembiayaan, juga sebagai tututan era IT bahwa ciri sekolah modern adalah memanfaatkannya semaksimal mungkin.

“Sekolah Muhammadiyah yang unggul memiliki ciri modern, menggunakan IT semaksimal mungkin”

Penyusunan soal UAS oleh guru terbaik Al Islan dan Kemuhammadiyahan (foto dok. ghofur)

Sedangkan Kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri, H. Yusuf Darmawan, M.Pd, mengatakan, bahwa kegiatan para proktor sebagai penyelaras ujian sekolah berbasis android untuk mata pelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyah.

“Urgensinya adalah ada kesamaan sekolah Muhammadiyah maju yang diwujudkan dengan pelaksanaan ujian SLTP dan SLTA Muhammadiyah di Jawa Tengah berbasis android dan sebagai induknya adalah Majelis Dikdasmen PWM Jateng” kata Darmawan.

Ditunjuknya SMK Muhammadiyah 3 Weleri sebagai kegiatan pelatihan proktor, menurut beliau karena dinilai servernya cukup.
Beliau berharap pelatihan ini mampu melahirkan proctor-proktor yang mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. (fur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here