Manfaatkan Momen Akhir Tahun, PC IPM Kota Kendal Adakan PKTM 1

0
194
PEMBUKAAN. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kota Kendal turut hadir untuk membuka jalannya kegiatan Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1 PC IPM Kota Kendal. ( foto dok. iman )

KENDALMU.COM | KENDAL. PC IPM Kota Kendal memanfaatkan momentum di akhir tahun 2019 dengan menggelar Pelatihan Kader Taruna Melati (PKTM) 1.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Ahad (29/12) di SD Muhammadiyah Purin, Patebon, Kendal yang diikuti oleh 17 peserta utusan dari SLTP/A Muhammadiyah yang tersebar di Kota Kendal.

Ketua panitia, Rizky Figo Lubis menyampaikan, bahwa PKTM 1 merupakan perkaderan tingkat dasar yang dimiliki oleh IPM, agar dapat meningkatkan kualitas anggota baru Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Kota Kendal.

Beliau menjelaskan, bahwa PKTM 1 adalah proses awal dari pengkaderan Ikatan Pelajar Muhammadiyah menuju jenjang yang lebih lanjut.

“Pelatihan Kader Taruna Melati I menekankan pada dua aspek proses, yaitu pertama, pemahaman, pengamalan, pendalaman organisasi secara riil dan kedua, pengembangan kreatifitas dan ketrampilan” katanya

Adapun maksud pemahaman, pengamalan, dan pendalaman organisasi secara riil menurut Rizky adalah adanya kesadaran kader untuk mengkaji maksud serta tujuan organisasi ke dalam kehidupan pribadi dan masyarakat.

“Implementasinya dimulai dari pembentukan kelompok kajian rutin ke-IPM-an sampai dengan membentuk komunitas-komunitas di masyarakat. Adapun maksud dari pengembangan kreatifitas dan ketrampilan adalah upaya pengembangkan bakat dan potensi kader manifes serta memiliki kemampuan untuk merencanakan, mengorganisir, dan mengelola gerakan IPM di tingkat pimpinan masing-masing,” bebernya.

Lebih jauh Rizky menjelaskan, bahwa Pelatihan Kader Taruna Melati I dalam rangka mencapai tujuannya mengandung tiga proses penting. Pertama, sebagai bentuk sosialisasi dan recruitment kader untuk menjadi Pimpinan di level yang lebih tinggi, kedua, sebagai proses pelatihan atau tempat menempa kader dalam rangka menjadikan kader lebih militan, cerdas, kritis, loyal serta agamis dan ketiga, merupakan upaya regenerasi perjuangan Pelajar Muhammadiyah dan Bangsa Indonesia.

“Pelatihan Kader Taruna Melati I menggunakan model pelatihan yang lebih menekankan pada aspek penyadaran, yaitu penyadaran akan pentingnya berkelompok untuk menggerakkan Islam yang Rahmatan Lil’alamin yang Ke-Indonesia-an serta keberanian akan beraktualisasi diri. Dengan demikian proses pelatihan ditekankan pada proses humanizing dan kreatifitas kelompok untuk mencapai target dan tujuan,” bebernya lagi.

Sedangkan ketua PC IPM Kota Kendal, Aldifa Adzani Firdaus berharap, perkaderan ini menjadi media pembelajaran yang serius bagi anggota IPM di bangku SLTP/A Muhammadiyah di Kota Kendal.

“Ke depannya para alumni PKTM 1 mampu merekrut anggota baru di luar sekolah Muhammadiyah dalam rangka penguatan organisasi di PC IPM Kota Kendal” pungasnya. (wicak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here