Melihat Meriahnya Muhadhoroh Akbar MBS Weleri

0
2 views

KENDALMU.COM | WELERI. Istilah muhadhoroh biasanya sering kita dengar dalam dunia pesantren dan penghuninya, yaitu santri yang tidak asing dengan kata muhadhoroh.

Kata Muhadhoroh sendiri berasal dari bahasa Arab dari suku kata hadhoro yuhaadiru muhadhorotan , muhadhoroh adalah isim masdar qiasi yang artinya “saling hadir menghadiri”.

Dalam kontek pesanteren, muhadhoroh adalah kegiatan rutinitas yang sering dilakukan santri pada hari-hari tertentu, dan muhadhoroh lebih cenderung kegiatan seperti pidato menggunakan bahasa, seperti bahasa arab, Indonesia, dan Inggris.

Adapun kelebihan muhadhoroh antara lain belajar lebih berani berbicara di depan umum, melatih mental dan kelancaran berbicara saat di depan umum, melatih kemampuan diri, dan melatih bahasa yang digunakan saat muhadhoroh.

Muhadhoroh yang digelar oleh Muhammadiyah Boarding School (MBS) SMA Muhi Weleri pada Senin – Selasa (5-6/10) dimaksudkan untuk mencetak kader Muhammadiyah yang berilmu tinggi, beramal saleh, dan berakhlak karimah.

Kepala SMA Muhi Weleri, Nurudin, mengatakan, kegiatan muhadhoroh bersifat rutin sebagai media untuk menunjukkan mental dan potensi para santri/siswa.

“Kami tahu, potensi para santri berbeda-beda, maka perlu difasilitasi agar mampu berkembang dengan baik” katanya.

Kesungguhan muhadhoroh oleh siswa/santri, kata Nurudin, sebagai gift kepada orang tua siswa.

“Orang tua yang telah mendidik sejak lahir patut kita beri hadiah dari anak-anak MBS” ujar Nurudin.

Pantauan kendalmu.com, selama dua hari acara muhadhorah begitu meriah yang menampilkan public speaking, musikalisasi puisi, dan drama. Turut menyaksikan selain para guru juga para wali murid.

Kegiatan ditutup dengan pemberian penghargaan dari kepala sekolah kepada seluruh siswa yang tampil dalam acara muhadhoroh. (wicak)

BACA JUGA :  Muhammadiyah Kendal Bagi 3000 Lebih Paket Sembako Untuk Dhuafa Terdampak Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here