Melihat Pelaksanaan PTS di SMK Muga Dengan Aplikasi Edmodo

0
0 views
KENDALIKAN. Panitia pelaksanan Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk siswa kelas I dan II SMK Muhammadiyah 3 Weleri gunakan sistem aplikasi edmudo dikendalikan dari ruang Simdik

KENDALMU.COM | WELERI. Kehadiran teknologi dan informasi di dunia pendidikan memiliki sisi manfaat sangat besar disaat wabah Civid-19 masih melanda, di mana siswa dan guru melakukan pembelajaran dengan sistem online, siswa tinggal di rmah masing-masing.

Seperti yang sedang berjalan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 3 (Muga) Weleri. Terhitung mulai Senin (6/4) dan berakhir Sabtu (13/4), semua guru di SMK tersebut melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk siswa kelas X dan XI dengan aplikasi Edmodo.

Edmodo adalah layanan online yang memudahkan guru untuk berkomunikasi dengan siswa. Dengan menggunakan aplikasi atau situs Edmodo, guru dapat membagikan konten, teks, video, pekerjaan rumah dan tugas kepada muridnya secara online.

Aplikasi ini bisa diunduh di play store dan bisa digunakan baik ketika guru berada di dalam maupun luar kelas. Aplikasi ini dirancang dengan fokus kepada guru, karena siswa hanya bisa login dengan Edmodo jika mendapat pemberitahuan dari guru.

Kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri, H. Yusuf Darmawan, S.Pd, M.Pd, mengatakan, peserta mengerjakan soal PTS sesuai dengan jadwal mata pelajaran yang diujikan oleh gurunya setiap hari.

“Jawaban soal penilaian tengah semester yang dikerjakan peserta melalui handphone (HP) dikirimkan ke panitia pelaksana melalui sistem aplikasi Edmodo. Jawaban soal PTS oleh panitia langsung didistribusikan ke guru-gurunya” kata Darmawan didampingi Edward Harlin Rabu (8/4), dan untuk mengendalikan PTS, lanjutnya, panitia ada di uang Simdik dan diikuti oleh 1500 peserta dari kelas X dan XI.

Sebagaimana diberitakan, SMK Muhammadiyah 3 Weleri selama menghadapi pandemi virus corona telah melakukan kebijakan dalam rangka memudahkan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar sistem online, keringanan biaya, dan menerapkan aplikasi Edmodo dalam penilaian tengah semester.

BACA JUGA :  PR IPM, OTKP dan DK HW SMK Muhammadiyah 1 Weleri Bagi-bagi Takjil.

“SMK kami sudah menggelar Ujian Sekolah (US), karena US tersebut diserahkan ke masing-masing sekolah. Pelaksanaannya pada tanggal 2-14 Maret 2020 dan diikuti sebanyak 512 peserta” ungkap Darmawan.

“Sedangkan untuk Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) kami tidak ada. Ketentuan pemerintah seperti itu,” terangnya.

Yusuf Darmawan menambahkan, penentuan kelulusan anak didik kelas III, yaitu dengan menggunakan nilai semester I hingga semester V dan ujian sekolah ditambah nilai semester VI. Hal itu itu masih ditambah dengan nilai praktek dan sebagainya.

“Kita sudah tidak ada lagi tatap muka dengan siswa kelas III. Nantinya untuk pengumuman kelulusan siswa kelas III tidak akan menggelar wisuda,” pungkasnya. (fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here