Melihat Serunya Anak-anak TPA Arrahmah Aisyiyah Weleri Mengikuti Mancakrida

0
101 views

KENDALMU.COM | WELERI. Taman Penitipan Anak (TPA) Arrahmah Aisyiyah Weleri menggelar mancakrida atau dalam istilah disebut outbound di Bukit Tegal Santun (BTS), Sambongsari, Weleri. Kegiatan yang melibatkan seluruh siswa TPA dan guru tersebut berlangsung Jumat (18/12).

Kepala TPA Arrahmah Aisyiyah Weleri, Siti Rohmah, mengatakan, kegiatan outbound ini dilaksanakan setiap semester sekali agar anak-anak tidak jenuh.

“Setiap semester kami menyelenggarakan kegiatan outbound supaya anak- anak mengenal lingkungan di luar sekolah” kata Rohmah Ahad (20/12) ketika dihubungi via telepon seluler.

Menurutnya, outbound adalah kegiatan pembelajaran di alam terbuka yang efektif untuk mengembangkan kepencayaan diri, keberanian dan daya kretifitas anak-anak.

“Kegiatan mengisi jeda di akhir semester kami lakukan agar anak-anak berada di alam terbuka dengan berbagai macam permainan” imbuhnya.

Adapun bentuk permainan yang dilakukan adalah permainan ular naga atau sepur-sepuran, suatu permainan yang dilakukan secara kelompok, yaitu anak berbaris bergandeng pegang anak yang berada di belakang berbaris sambil memegang ujung kaos yang dipakai atau pinggang anak yang di mukanya. Adapun anak yang lebih besar, atau paling besar bermain sebagai ‘induk’ berada di paling depan.

Dijelaskan, anak-anak dibariskan menjadi tiga kelompok barisan. Barisan pertama dan kedua berdiri di tengah memanjang lapangan dan berhadapan membentuk terowongan kereta api. Caranya ialah anak – anak saling berpegangan lengan dalam keadaan lurus dan mendatar.

Sedangkan anak-anak pada kelompk barisan ketiga berpegangan satu dengan yang lain sehingga membentuk rangkaian kereta api. Tugas rangkaian kereta api adalah lari kecil-kecil sambil berbelok-belok dan akhirnya memasuki terowongan. Bila mana rangkaian kereta api telah dianggap cukup gerakannya maka diadakan pergantian, yang menjadi rangkaian kereta api mengganti salah satu yang semula menjadi barisan terowongan.

BACA JUGA :  Sekretaris MPI PDM Kendal : Media adalah Sarana Dakwah

Kegiatan outbound di BTS diawali dengan senam bersama dilanjutkan dengan permainan sepur – sepuran.

Lebih lanjut Siti Rohmah menjelaskan, bahwa kegiatan belajar di alam terbuka seperti outbound ini bermanfaat untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat.

“Kegiatan outbound membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri” pungkasnya. (mah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here