Memasuki Musim Hujan dan Berpotensi Terjadi Musibah, LPB Gelar Workshop OMOR

0
62 views

KENDALMU. COM | KENDAL. Seiring dengan terjadinya curah hujan dengan insentitas tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia  hingga berpotensi terjadi  bencana hidrometeorologi, salah satunya banjir bandang, PDM Kendal melalui Lembaga Penanggulangan Bencana menggelar Workshop One Muhammadiyah One Response (OMOR).

Kegiatan berlangsung pada Rabu (24/11) diikuti oleh 60 peserta terdiri unsur PCM, Majelis/Lembaga dan Organisasi Otonom tingkat Daerah Kendal.

Wakil Ketua LPB PDM Kendal, Abdul Malik mengatakan, perlunya dibangun sinergitas lintas PCM, Majelis Lembaga dan Ortom dalam penanggulangan bencana, khususnya di Kendal.

“Kolaborasi ini dimaksudkan agar cepat tanggap dalam menghadapi kebencanaan di Kendal dan sekitarnya” kata Malik.

LPB Kendal, kata Malik, dalam perkembangannya telah mendapat kepercayaan masyarakat dalam merespon musibah yang melanda.

“Kami telah mendapat kepercayaan masyarakat luas dalam merespon dan membantu masyarakat ketika mendapat musiban banjir, tanah longsor dan musibah lainnya” ungkapnya.

Sedangkan Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam memuji LPB sebagai barometer dan menempatkan diri terdepan dalam tanggap bencana.

“LPB sebagai lembaga siap menolong kepada siapa saja ketika masyarakat menerima musibah, karena Muhammadiyah lahir untuk menolong dan memberi manfaat kepada umat. Ketika kentongan musibah ditabuh, segera bergerak memberi pertolongan” kata Ikhsan.

Dia berharap kepada LPB untuk tetap meningkatkan tatakelola organisasi yang baik dan rapi, karena meskipun organisasi itu baik, tetapi jika tidak ditata, dimanajemen yang baik gerakannya akan menjadi tidak baik.

Kegiatan workshop menghadirkan dua narasumber, yakni Kepala Pelaksana BPBD Kab. Kendal, Sigit Sulistyo dengan materi Ancaman hidrometeorologi dan KRB (Kawasan Rawan Bencana) di Kab. Kendal, SKPDM (Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana) Kab. Kendal. Adapun pemateri ke dua dari Ketua LPB PWM Jawa Tengah, Naibul Umam yang menyampaikan materi OMOR Berbasis Pemberdayaan Cabang Penguatan Fungsi Kapasitas MLO. (fur)

BACA JUGA :  Tanamkan Kesadaran dan Tanggung Jawab Berorganisasi, PR IPM SMK Muga Weleri Gelar LDPR