Mengimplementasikan Mata Pelajaran PAI, SMA Muhpat Kendal Gelar Tahfidz Al Quran

0
9 views
UJI TAHFIDZ. Siswa SMA Muhpat Kendal gelar tahfidz Al quran sebagai implementasi pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk siswa berkarakter (foto dok gofur)

KENDALMU.COM | KOTA KENDAL. Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA bertujuan siswa diharapkan mampu membaca Al qur’an, menulis dan memahami serta mampu mengimplementasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Memahami hal tersebut SMA Muhammadiyah 4 (Muhpat) Kendal selama sepekan (9-16/10) menggelar Tahfidz Al qur’an yang diikuti oleh seluruh siswa/i SMA Muhpat Kendal dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan

Kepala SMA Muhpat Kendal, Sunarmi, mengatakan, kegiatan tahfidz Al qur’an diselenggarakan setiap semester sesuai agenda kerja sekolah.

“Gebyar Tahfidz Al qur’an sebagai implementasi dari mata pelajaran PAI yang inklud dengan intra kurikuler dan ekstra kurikuler sekolah dalam rangka penerapan pendidikan karakter siswa” kata Sunarmi Jumat (16/10).

Dari kegiatan tersebut, kata kepala sekolah, diharapkan misi dan visi sekolah dapat tercapai, yaitu membimbing para siswa untuk bertaqwa, berkarakter, dan mandiri.

“Diharapkan siswa memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat dengan faham Al qur’an dan As Sunnah”

PENGHARGAAN. Siswi SMA Muhpat Kendal patut menerima penghargaan setelah dinyatakan lulus dalam tahfidz Al quran juz ke 30 (foto dok gofur)

Dijelaskannya, uji materi tahfidz Al Quran di SMA Muhpat Kendal disesuaikan dengan KTSP ( Kurikulum Tingkat  Satuan Pendidikan ) SMA Muhamadiyah 4 Kendal, yaitu siswa SMA Muhpat Kendal lulus harus mampu hafal Al Qur’an minimal juz ke 30.

“Kita sesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa, dengan tidak menutup kemungkinan, apabila ada siswa yang hafal lebih dari juz ke 30 kita akomodir dan kita evaluasi serta kita bimbing ” ungkapnya.

Disebutkan, dalam uji gelar tahfidz Al qur’an menggunakan sistem sambung ayat.

“Dewan yuri membacakan atau melafadzkan satu atau dua ayat Al qur’an kemudian peserta untuk meneruskan atau menyambung ayat selanjutnya” imbuhnya.

Sementara itu ketua Majelis Dikdasmen PD Muhammadiyah Kendal, H. Sodiq Purwanto, mengapresiasi kegiatan gelar tahfidz Al Quran oleh SMA Muhpat Kendal.

BACA JUGA :  Menyelesaikan Masalah dengan Percentage bar*

“Gelar tahfidz Al Qur’an sebagai implementasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, tentunya diselaraskan dengan visi dan missi sekolah itu sendiri” kata Sodik.

Tahfidz Al quran juz ke 30, kata Sodik, mewujudkan kemandirian siswa dalam belajar Al qur’an.

Beliau berharap, program gelar program tahfidz Al qur’an dapat dikembangkan lebih kreatif dan diikuti oleh mata pelajaran lain yang inovatif.

Senada dengan Sodiq Purwanto, pengawas SMA Muhpat Kendal, Supriyanto, mengatakan tahfidz Qur’an sebagai implementasi dalam membentuk karakter bagi peserta didik.

“Kegiatan tahfidz ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam sistem pendidikan nasional” kata Supriyanto.

Beliau berharap kegiatan ini lebih ditingkatkan kualitasnya, tidak hanya siswa hafal terhadap ayat-ayat Al Quran, tetapi mampu memaknai dan memahami sesuai dengan maksud ayat tersebut. (fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here