MI Muhammadiyah Pagersari Gelar Ujian Tahfidz Al qur’an Juz ke 30

0
256 views
UJIAN. Salah satu siswa MI Muhammadiyah Pagersari, Patean, Kendal, dengan serius sedang mengikuti ujian tahfidz Al qur'an juz ke 30 di hadapan guru penguji (foto dok susilo)

KENDALMU.COM | PATEAN. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Pagersari, Patean, Kendal menggelar ujian tahfidz Al quran juz yang ke 30. Ujian tersebut diperuntukkan untuk siswa-siswi kelas 4, 5 dan 6 yang berlangsung pada Senin-Kamis (15-18/2).

Penanggungjawab Program Ujian Tahfidz Al qur’an, Danang Prasetyo, mengatakan, ujian tahfidz Qur’an juz ke 30 sebagai rangkaian kegiatan yang dilakukan setelah dalam waktu tertentu para siswa dibimbing menghafal beberapa surat pendek yang ada di juz ke 30.

“Al qur’an Juz ke 30 dikenal dengan sebutan juz Amma yang berisi surat-surat pendek dan siswa sudah waktunya hafal dan mengikuti ujian tahfidz” kata Danang.

Dijelaskannya, program ujian tahfidz Al qur’an sebagai aktualisasi MI Muhammadiyah Pagersari yang dilaksanakan dan wajib diikuti oleh siswa-siswi mulai kelas 4.

“Adapun ujiannya dilaksanakan pada awal bulan Februari dengan jumlah yang mengikuti ujian sebanyak 24 siswa dan diharapkan pada gelombang ke 2 pesertanya lebih banyak” harapnya.

Bagi MI Muhammadiyah Pagersari, lanjut Danang, ujian tahfidz Al qur’an juz ke 30 adalah pertama kalinya diselenggarakan, dan berharap dapat berlanjut sampai anak-anak diwisuda.

“Lulusan dari ujian tersebut akan diwisuda sebagai apresiasi supaya anak-anak termotivasi dan menjadi genarasi Qur’ani, tentu di hati anak-anak tertanam jiwa ayat-ayat Allah yang diamalkan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat” bebernya.

Senada hal tersebut, Kepala MI Muhammadiyah Pagersari, Nasirul Fatah, mengapresiasi terhadap kegiatan ujian tahfidz Al qur’an untuk anak-anak peserta didiknya.

“Ujian tahfidz ini tidak sekedar anak-anak didik hafal surat-surat pendek di juz ke 30 saja, tetapi mereka menjadi generasi Qur’ani yang mampu mengangkat derajat anak-anak di masa depan dan berdampak positif terhadap MI Muhammadiyah Pagersari”

Dampak positif bagi MI Muhammadiyah Pagersari, yang diharapkan oleh beliau adalah ada di hati masyarakat dan MI Muhammadiyah menjadi pilihan masyarakat luas. (susilo)

BACA JUGA :  Pembinaan Guru dan Pegawai AUM Pendidikan Di Kangkung, Sugiri : Muhammadiyah Sudah Memiliki Aturan Baku Tentang Kepegawaian