MPI Kendal Dapat Tugas Menulis Biografi Tokoh Muhammadiyah

0
6 views
(sumber : republika.id)

KENDALMU.COM | KENDAL. Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPI PDM) Kendal mendapat tugas menulis sejarah kehidupan para tokoh Muhammadiyah di Kendal. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua PDM Kendal, H. Abdullah Sachur dalam rapat pleno Jum’at (7/8) di Kendal.

Beliau mengatakan, agar kita sebagai generasi sekarang, dan untuk yang akan datang tidak lupa dengan jasa-jasa mereka di Muhammadiyah perlu dituangkan dalam tulisan dalam bentuk biografi.

“Mereka khususnya yang sudah mendahului kita, meninggal dunia perlu kita ketahui kiprahnya semasa hidupnya dalam bermuhammadiyah” kata Sachur.

Dijelaskan olehnya, para tokoh Muhammadiyah tersebut diharapkan setiap cabang muncul tokoh yang istiqomah dalam Muhammadiyah sampai meninggal bisa dijadikan panutuan semangat dalam bermuhammadiyah.

“Kriteria tokoh Muhammadiyah Kendal yang perlu dibuat biografinya diantaranya adalah mereka yang memiliki komitmen tinggi dan istiqomah di Muhammadiyah sampai meninggal dunia.

“Tokoh Muhammadiyah tersebut dalam perjalanan hidupnya memberi manfaat, memiliki kenangan baik untuk kita di Muhammadiyah dan berjasa dalam mengembangkan dan memajukan persyarikatan” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris PDM Kendal, H. Maryono memandang perlu adanya buku tentang biografi tokoh Muhammadiyah di Kendal yang bisa dijadikan pelajaran bersama untuk memajukan Muhammadiyah di Kendal.

“Untuk menghadirkan buku tersebut adalah tugas dari Majelis Pustaka dan Informasi, maka kita putuskan MPI PDM Kendal menulis dan menyusun biografi para tokoh Muhammadiyah Kendal dalam bentuk buku” tegas Maryono yang disetujui para peserta rapat pleno.
Beliau berharap buku tersebut bisa selesai penyusnanya, dicetak dan terbit dua tahun ke depan, tepatnya pada Musyda ke 10.

Sedangkan Sekretaris MPI PDM Kendal, Abdul Ghofur menyambut baik atas usulan dan keinginan para pimpinan agar MPI menyususn biografi tokoh Muhammadiyah Kendal.
“Sebetulnya penyusunan buku sejarah Muhammadiyah Kendal dan para tokohnya menjadi program kerja MPI yang belum sempat kami laksanakan” kata Ghofur ketika ditemui kendalmu.com.

Dikatakan, untuk menyusun tulisan dalam bentuk biografi tokoh memerlukan teknik tersendiri, tentunya berbeda dengan bentuk tulisan opini atau berita.
“Menulis buku biografi tidaklah sama dengan menulis novel, walau beberapa aspek penulisan novel masih dapat digunakan”
“Paling tidak, sebelum mengawali penulisan biografi, perlu adanya bekal pelatihan teknik menulis biografi tokoh” pintanya. (joe)

BACA JUGA :  Karena Berhalangan Tetap, Tiga Ketua Majelis PDM Kendal Diganti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here