MPI PDM Kendal Gelar Workshop Keprotokolan, Hadirkan Guest Star, Rr. Anindita Widiasti

0
49 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal melalui Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) menyelenggarakan Workshop Keprotokolan Acara atau kegiatan. Kegiatan tersebut menghadirkan guest star, Rr. Anindita Widiasti, juara 1 Master of Ceremony (MC) tingkat Nasional 2021 Kementerian Pertanahan Nasional RI.

Sekretaris MPI PDM Kendal, Abdul Ghofur mengatakan kegiatan workshop tersebut dimaksudkan sebagai upaya bersama menciptakan ketertiban, kelancaran dalam setiap acara atau kegiatan yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah.

“Muhammadiyah sering menyelenggarakan event atau kegiatan yang biasanya diawali dengan upacara pembukaan. Dari sini kita bisa melihat dan menilai setelah upacara pembukaan berlangsung, apakah upacara tesebut sudah benar dan sesuai dengan pedoman ?” terang Ghofur dalam sambutannya Sabtu (11/12).

Acara upacara pembukaan dalam sebuah kegiatan, lanjut dia, diantara kita masih dianggap sebagai kegiatan yang sepele, dilakukan seadanya, dan terkesan tanpa ada persiapan yang matang, padahal di situ dihadiri oleh orang banyak, bisa jadi ada pejabat, dan tokoh masyarakat yang hadir.

“Bagi Muhammadiyah keprotokolan sangat penting, karena menyangkut marwah, sesuai pesan pendiri Muhamamdiyah, KH. Ahmad Dahlan, ‘menjaga Muhammadiyah bukanlah hal yang mudah’. Maka dalam workshop itu peserta akan memahami tentang tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan kedudukannya dalam pemerintahan, atau masyarakat, juga semua petugas yang telibat dalam opening ceremony bisa melaksanakan tugas dan berpenampilan elegan” terangnya lagi.

Ghofur berharap workshop tersebut ada tindak lanjut yang kongkrit, yaitu terbentuknya Tim Keprotokolan Dakwah Muhammadiyah Berkemajuan di semua tingkat cabang, amal usaha dan Ortom.

Sementara itu Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam mengaku workshop keprotokolan sebagai sebuah kegiatan yang memiliki manfaat bagi organisasi maupun peserta.

BACA JUGA :  LPB MDMC Kendal Terjunkan Sejumlah Relawan, Semprotkan Desinfektan, Bunuh Virus Corona

“Bagi organisasi, workshop ini sebagai upaya pembenahan dalam tata pelaksana upacara pembukaan ketika Muhammadiyah mengadakan kegiatan” kata Ikhsan.

Sedangkan bagi peserta, lanjut dia, bisa menjadi sebuah profesi apabila ditekuni, dipelajari, dan dipraktekkan.

“Munculnya pembawa acara di sebuah televisi karena mereka belajar dan berani tampil di depan publik. Ini sebuah peluang bagi peserta untuk menjadi pemandu acara yang sukses” ujarnya.

Ikhsan berharap, pasca workshop semua kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan bisa berjalan dengan baik, sesuai dengan tata laksana yang telah ditentukan.

“Kalau ada upacara pembukaan dalam sebuah kegiatan Muhammadiyah berlangsung masih amburadul yang saya tegur adalah MPI” ujar Ikhsan disambur gerr peserta.

Diketahui, workshop keprotokolan menghadirkan dua nara sumber, yakni praktisi pendidikan, Utomo, Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Kab. Kendal, Rini Wiayanti.

Sedang bintang tamu, Rr. Anindita Widiasti, juara 1 MC tingkat nasional yang tampil didampingi Sekretaris PD Aisyiyah Kendal, Endang Nurani banyak memberikan contoh, seperti intonasi, gaya bicara, gestur tubuh, ekspresi dan kepercayaan diri (dyah)