Muhammadiyah Kendal Gelar Sholat Khusuf di 71 Titik, Ketua PDM : Penciptaan Langit dan Angkasa Raya Lebih Hebat Dari Manusia

0
30 views
LEBIH HEBAT. Ketua PDM Kendal, KH.Ikhsan Intizam Penciptan langit dan angkasa raya lebih hebat dari pada manusia (foto dok hatta)

KENDALMU.COM | KOTA KENDAL. Muhammadiyah Daerah Kendal melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) se Kab. Kendal mengadakan sholat gerhana bulan (sholat khusuf) pada Rabu malam (26/5) di 71 tempat, yakni masjid dan musholla yang tersebar di seluruh Kab. Kendal. Adapun data tempat sholat gerhana sebanyak itu dihimpun oleh kantor Sekretariat PDM Kendal.

Dalam menjalankan sholat gerhana bulan terdapat empat kegiatan yang beriringan, yakni sholat maghrib, sholat gerhana, makan malam bersama dan ditutup dengan sholat isya’ berjamaah.

Ketua PDM Kendal, KH. Ikhsan Intizam bertindak sebagai imam dan khotib pada sholat gerhana di Masjid Mujahidin Pegulon, Kec. Kota Kendal.

Dalam khutbah ia mengatakan gerhana bulan adalah satu tanda dari tanda tanda kebesaran Allah.

“Tetapi penciptaan langit dan bumi beserta seluruh binaannya lebih menakjubkan di bandingkan penciptaan manusia” kata Ikhsan.

Menurut dia, manusia memang diciptakan dengan sebaik-baik bentuk, dan di lebihkan oleh Allah dari makhluk lain.

“Tetapi secara penciptaan, langit dan angkasa raya lebih hebat” tegas ketua PDM Kendal mengutip ayat Al qur’an Surat Ghafir ayat 57, ‘Sungguh, penciptaan langit dan bumi itu lebih besar daripada penciptaan manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui’.

Diterangkan, meskipun penciptaan langit lebih besar dari penciptaan manusia, tapi hebatnya semua yang dilangit dan bumi untuk manusia

“Lalu alasan apa lagi untuk menjadi orang-orang  yang beriman dan taat ?”

Gerhana bulan, kata Ikhsan sebagai bukti keagungan Allah yang maha kuasa, mengatur, menciptakan dan maha diatas segala maha, maka sudah lebih dari cukup bahwa semua itu membuktikan bahwa Allah adalah benar- benar Tuhan yang harus di sembah dan diagungkan, tidak ada Tuhan kecuali hanya Allah.

BACA JUGA :  Tiga PTM Gandeng SMK Muga Weleri, Gelar Webinar Tarik Mahasiswa Baru

Dibagian lain Ikhsan meluruskan beberapa mitos Jawa tentang gerhana bulan

Gerhana ini juga meluruskan mitos-mitos sesat seperti mitos jawa bahwa gerhana terjadi karena bulan di makan oleh raksasa, betoro kolo sehingga harus memukuk kentongan, wanita hamil sembunyi di bawah ranjang dan sebagainya.

“Islam juga menolak mitos jahiliah yang menyangkutkan gerhana dengan kematian seseorang” katanya.

Gerhana, lanjut Ikhsan adalah fenomena alam dan Islam mengajarkan untuk berfikir lurus dan logis serta ilmiyah.

“Dilandasi dengan ilmu dan data, sehingga tidak akan sesat dan menyesatkan” tegasnya lagi.

Di bagian akhir Ketua PDM Kendal dalam khutbahnya berpesan agar peristiwa gerhana disikapi dengan ibadah, yaitu melaksanakan sholat gerhana, banyak berdo’a, berdzikir, beristighfar dan memperbanyak shodaqoh dan infaq.

Setelah sholat gerhana dilanjutkan dengan sholat jamaah isya’ dan makan malam bersama anggota jamaah. (fur)